Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bumi: Masalah Kesehatan dan Krisis Iklim Harus Segera Selesai

Kompas.com - 23/04/2021, 10:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tanggal 22 April, dunia memperingati hari bumi. Tahun ini tema hari bumi adalah pulihkan bumi kita. Di sisi lain, saat ini dunia juga tengah menghadapi pandemi Covid-19. Kedua hal ini disebut ahli harus ditangani bersamaan.

Pandemi Covid-19 telah menelan korban jiwa hingga 3,01 juta orang dan 141 juta orang terinfeksi, berdasarkan data per tanggal 22 April 2021, yang dihimpun sejak Desember 2019 lalu.

Para ahli dunia menyatakan, meskipun pandemi Covid-19 menjadi masalah yang harus diselesaikan segera, tetapi ini adalah kesempatan yang baik untuk dapat memulihkan perawatan kesehatan dan bumi secara bersamaan.

Direktur Program Internasional dan penulis laporan peta jalan strategi untuk Perawatan Kesehatan Tanpa Bahaya, Josh Karliner mengatakan keadaan darurat iklim dan kesehatan saat ini memang terjadi secara bersamaan.

Baca juga: Hari Bumi, Ini Penampakan Dampak Perubahan Iklim Selama 37 Tahun

Oleh karena itu, penuntasan yang harus dilakukan tidak hanya berfokus pada kesehatan saja.

Sementara itu, darurat iklim juga akan berdampak pada masalah kesehatan yang lain, tidak hanya pandemi Covid-19 ini saja.

"Kita mengalami keadaan darurat iklim dan kesehatan secara bersamaan, termasuk peningkatan penyakit pernapasan akibat polusi bahan bakar fosil dan yang disebabkan oleh dampak iklim yang mengerikan seperti kebakaran hutan," kata karliner.

"Perawatan kesehatan menanggung beban dari kedua krisis ini. Sehingga penting bagi para pemimpin kesehatan untuk memimpin dengan memberi teladan dan bertindak sekarang untuk mencapai nol emisi pada tahun 2050," ucap dia.

Sementara itu, para ahli lainnya juga menilai pemerintah ataupun berbagai pihak berwenang di setiap negara telah mampu untuk dapat mengendalikan sedikit demi sedikit persoalan pandemi Covid-19 yang terjadi. 

Tantangan terkini

Utusan Khusus Covid-19 WHO sekaligus Ketua Kesehatan Global dan Direktur Bersama IGHI Imperial College London, David Nabarro mengatakan, pandemi Covid-19 telah menunjukkan tantangan teknis dan operasional dalam sektor kesehatan dapat diselesaikan dengan kecepatan tinggi.

Hal ini jelas bisa terlaksana ketika setiap pihak memiliki cukup fokus, memiliki sumber daya yang memadai, dan menerima dukungan politik yang konsisten.

"Pemulihan Covid-19 memberikan kesempatan untuk membangun kembali lebih baik bumi kita dengan berinvetasi dalam  solusi cerdas iklim," kata Nabarro.

Investasi solusi cerdas iklim, kata dia, juga harusnya dilakukan bersamaan dengan membangun infrastruktur, sistem, dan ketahanan masyarakat sebagai strategi kesiapsiagaan dan pencegahan bencana.

Hal ini ditambahkan oleh Direktur Departemen Lingkungan, Iklim dan Kesehatan WHO, Maria Neira yang mengatakan, para pemimpin kesehatan, termasuk dokter dan perawat adalah beberapa pihak yang memiliki suara paling terpercaya di seluruh dunia.

"Saat kita melampaui Covid-19, para pahlawan kesehatan ini dapat memimpin sektor mereka dalam melindungi kesehatan masyarakat dari krisis iklim dengan memetakan jalan menuju pemulihan yang dipandu oleh solusi iklim transformatif," kata Neira.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com