Kompas.com - 23/04/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi tidur cukup. PEXELS/KETUT SUBIYANTOIlustrasi tidur cukup.

KOMPAS.com - Beberapa orang yang terbiasa begadang atau dikenal dengan istilah night owl biasanya cenderung bangun lebih siang.

Namun apakah orang-orang dengan kebiasaan terjaga hingga larut itu bisa berubah menjadi morning person alias orang yang bangun pagi?

Menurut direktur kedokteran perilaku tidur di Cleveland Clinic, Michelle Drerup, perubahan kebiasaan tersebut mungkin terjadi, namun tidak mudah.

Baca juga: Siklus Tidur Terganggu, Benarkah Teknologi Mengubah Jam Tubuh Manusia?

Hal ini lantaran kecenderungan seseorang menjadi night owl maupun morning person dipengaruhi oleh kronotipe mereka.

Mengutip Live Science, Kamis (22/4/2021) kronotipe ini akan memengaruhi waktu-waktu kapan seseorang cenderung lebih terjaga dan mengantuk dalam sehari.

Kronotipe sendiri ditentukan oleh kombinasi alam dan pengasuhan. Di sisi alam, sejumlah gen diketahui berperan dalam menentukan apakah seseorang lebih suka terjaga hingga larut atau bangun pagi.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications tahun 2019, ada ratusan gen yang terkait dengan morning person.

Gen tersebut memengaruhi ritme sirkadian seseorang atau siklus bangun tidur alami, yang terkait dengan kronotipe mereka.

Lingkungan juga memainkan peran besar. Orang cenderung terlibat dalam aktivitas sehari-hari yang memperkuat kronotipe mereka.

Drerup memberi contoh misalnya saja night owl merasa lebih produktif dan waspada di malam hari, sehingga akan lebih banyak melakukan kegiatan di waktu tersebut.

Aktivitas tersebut akkhirnya merangsang dan memperkuat kecenderungan orang untuk begadang.

Nah, berhubung lingkungan merupakan faktor penentu apakah seseorang night owl atau morning person, maka siklus tidur-bangun orang sebenarnya dapat diubah.

Jika ingin bangun lebih awal, Drerup menyarankan untuk melakukan perubahan secara bertahap.

Baca juga: Sering Begadang? Begini Cara Pulihkan Kondisi Tubuh dan Mental

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X