Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CDC: Masker Kain Terbukti Memberi Perlindungan Diri dari Virus Corona

Kompas.com - 12/11/2020, 13:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Sebelumnya Centers for Disease Control and Prevention (CDC) - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menekankan pentingnya memakai masker kain untuk memblokir pelepasan partikel virus yang menular saat pemakainya batuk, bersin atau berbicara. Sehingga, mencegah penularan Covid-19 pada orang lain.

Namun minggu ini, CDC memperbarui pedomannya dengan menyebut bahwa masker kain juga memberi perlindungan untuk diri sendiri, yang berarti masker kain dapat menyaring droplet yang beredar di udara dan berpotensi menularkan virus corona.

Meski demikian, CDC mencatat bahwa keefektifan masker kain untuk menyaring partikel sangat bervariasi.

Baca juga: WHO: Wajib Gunakan Masker Kain 3 Lapis, Ini Jenis Bahan dan Kombinasinya

Melansir Live Science, masker kain dengan lebih banyak lapisan dan jumlah benang yang lebih banyak terbukti memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan masker kain yang hanya memiliki satu lapisan dan jumlah benang sedikit.

Menurut CDC, dalam beberapa kasus, masker kain telah terbukti menyaring hampir 50% partikel yang sangat kecil (kurang dari 1 mikron) dari udara.

Sebagai informasi, tetesan halus, yang juga dikenal sebagai aerosol – yang dilepaskan saat orang berbicara dan berpotensi membawa partikel virus corona, ukurannya tidak lebih besar dari 10 mikron.

Dalam panduan baru, CDC mengutip banyak penelitian yang menunjukkan manfaat dua arah dari maske kain.

Misalnya, dalam sebuah studi tentang wabah Covid-19 di kapal induk USS Theodore Roosevelt, penggunaan masker kain di dalam pesawat dikaitkan dengan pengurangan risiko infeksi virus corona sebesar 70%.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Masker Kain Wajib Dicuci dengan Mesin Cuci

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan, bahwa mandat negara bagian untuk mengenakan masker di depan umum terbukti dapat menurunkan jumlah kasus baru yang signifikan.

CDC menyimpulkan, manfaat keseluruhan dari penggunaan masker kain meningkat, karena lebih banyak orang di komunitas yang memakai masker.

"Mengadopsi kebijakan memakai masker secara universal dapat membantu mencegah lockdown di masa depan, terutama jika dikombinasikan dengan intervensi non-farmasi lainnya seperti menjaga jarak sosial, mencuci tanga, dan memastikan ventilasi yang memadai," kata badan tersebut.

Baca juga: Selain Pakai Masker, Ventilasi Jadi Kunci Cegah Penularan Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com