Kompas.com - 12/11/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi kacang. SHUTTERSTOCK / Krzysztof SlusarczykIlustrasi kacang.

KOMPAS.com - Penelitian terbaru yang terbit di jurnal Andrology menemukan hubungan antara konsumsi kacang dan kualitas sperma.

Studi ini mengungkap, orang yang menambahkan campuran kacang-kacangan ke dalam diet gaya Barat selama 14 minggu dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sperma.

Perubahan pola makan mengubah metilasi DNA sperma melalui epigenetik yang mengubah kode sel bernama fenotipe tanpa memengaruhi DNA yang mendasarinya (genotipe).

Faktor gaya hidup dan lingkungan sejak lama lama dikaitkan dengan perubahan jumlah dan kualitas sperma.

Baca juga: Studi Baru Tunjukkan Sperma Tidak Berenang, tapi Mengalir

Faktor eksternal seperti ini mampu mengubah sel kita melalui metilasi DNA, yang menambahkan gugus metil ke molekul DNA, mempengaruhi keluarannya menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.

Minum minuman beralkohol, penggunaan narkoba, dan merokok semuanya dikaitkan dengan perubahan negatif dalam produksi sperma.

Dilansir IFL Science, Selasa (10/11/2020), studi baru ini melakukan uji klinis acak untuk menyelidiki apakah dan bagaimana konsumsi kacang-kacangan mengubah metilasi DNA sperma, dalam uji coba bernama FERTINUTS.

Tim peneliti melibatkan 72 pria muda sehat dan tidak merokok untuk penelitian.

Pada 48 peserta, tim memberi campuran kacang termasuk almond, hazelnut, dan kenari ke dalam makanannya.

Mereka kemudian membandingkan tingkat metilasi pada peserta ini dengan kelompok kontrol dari 24 peserta yang tidak menambahkan kacang ke dalam makanan mereka.