Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas Covid-19 Siapkan Masker 5 Lapis untuk Masyarakat, Seperti Apa?

Kompas.com - 10/09/2020, 07:31 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Hingga saat ini, salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran virus corona adalah dengan pemakaian masker yang benar.

Apalagi, kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah dalam jumlah besar, mencapai 3.000 kasus per hari.

Pemakaian masker terbukti dapat memblokir tetesan atau droplets yang dikeluarkan oleh seseorang saat sedang berbicara, batuk, atau bersin.

Tapi, apakah semua jenis masker efektif mencegah penyebaran virus?

Baca juga: Riset Baru: Face Shield dan Masker Berkatup Tak Efektif Cegah Covid-19

Untuk menjaga keefektifan pemakaian masker, Satgas Nasional Penanganan Covid-19 telah menyiapkan masker dengan teknologi baru yang lebih efektif mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh manusia.

Juru bicara Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkap, masker tersebut adalah masker dengan kain lima lapis yang diproduksi di Indonesia dan sudah diuji coba di Jerman.

Menggunakan bahan baku polyester dengan teknologi antibakteri pada setiap benang, masker ini dikatakan memiliki daya penyaringan virus mencapai 88 persen dan penyaringan bakteri 99 persen.

“Indonesia rupanya bisa memproduksi masker kain berteknologi inovatif, dengan menyatukan lima lapis. Masker ini kita sebut INA United. Tingkat kemampuan untuk bernapas baik, untuk berbicara baik, dan bisa dicuci untuk dipakai berulang kali,” jelas Wiku dalam webinar Teknologi Baru Masker Melawan Covid-19 yang diselenggarakan Katadata, Rabu (9/9).

Menurut Wiku, diciptakannya masker ini adalah langkah paling efisien untuk menghadapi Covid-19, dengan harga yang sangat terjangkau dan bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Apalagi, Wiku menambahkan, masker lima lapis ini tak kalah jika dibandingkan dengan masker bedah yang hanya bisa menyaring 80-90 persen virus dan 95-98 persen bakteri.

Baca juga: Karyawan Starbucks Korea Selatan Tidak Tertular Covid-19, Bukti Masker Lindungi dari Virus Corona

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com