Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari UFO Sedunia, Apa itu UFO dan Bagaimana Sains Menjelaskan?

Kompas.com - 02/07/2020, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

 

KOMPAS.com - Tepat pada hari ini, Kamis (2/7/2020), para penggemar Unidentified Flying Object (UFO) memeringati World UFO Day.

Fenomena benda terbang tak dikenal memang telah lama menjadi misteri dan perbincangan para ilmuwan dan astronom dunia. Namun, hingga saat ini, diyakini belum ada bukti ilmiah resmi yang bisa dijelaskan.

Lantas apa itu UFO?

Venzha Christ, pendiri komunitas Indonesia UFO Network (IUN) mengatakan dalam rilisnya Hari UFO Sedunia pertama kali digelar pada tahun 2001.

Menurut situs resmi UFO Dunia, UFO umumnya diklasifikasikan sebagai anomali yang benar-benar tidak dikenal dan dapat diidentifikasi.

Baca juga: Dua UFO Terbang Cepat Melewati Helikopter Penyelamat di Perancis

Sedangkan definisi paling umum dari UFO adalah sesuatu yang tampak jelas di langit yang tidak dapat diidentifikasi sebagai objek atau fenomena alam yang diketahui.

"Biasanya bukti-bukti tentang UFO ini tampak sekilas dan tidak jelas benar-benar seperti sebuah rekaman yang disengaja," tulis Venzha.

Kepopuleran UFO dengan bentuknya yang seperti dikenal banyak orang hingga saat ini, kali pertama muncul dari seorang pilot Amerika, Kenneth Arnold yang mengungkapkan melihat UFO di langit.

Potongan rekaman yang dikeluarkan Pentagon memperlihatkan obyek yang misterius, atau dikenal juga sebagai UFO. Kementerian Pertahanan AS memutuskan untuk merilisnya pada Senin (27/4/2020).Pentagon via Sky News Potongan rekaman yang dikeluarkan Pentagon memperlihatkan obyek yang misterius, atau dikenal juga sebagai UFO. Kementerian Pertahanan AS memutuskan untuk merilisnya pada Senin (27/4/2020).

Baca juga: 7 Isu soal Alien dan UFO Sepanjang 2017

Arnold menggambarkan UFO sebagai objek mirip piring terbang atau cakram datar besar, dan desain ini kemudian populer hingga saat ini.

Fenomena UFO tergolong sains semu

Keyakinan sebagian orang terhadap UFO semakin meluas. Tak heran penggemar kendaraan alien dari luar angkasa ini cukup banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia.

Sama seperti film-film science fiction yang banyak ditonton, UFO dan alien selalu digambarkan dengan teknologi yang sangat maju.

Lalu, bagaimana sains menjelaskan UFO?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com