Mengapa Terkadang Merkurius dan Venus Bisa Disaksikan Pagi atau Sore Hari?

Kompas.com - 02/07/2020, 14:02 WIB
ilustrasi Venus ilustrasi Venus


KOMPAS.com- Mungkin Anda seringkali melihat satu cahaya terang kecil seperti bintang pada sore atau pagi hari di langit sebelum matahari terbit ataupun terbenam.

Tahukah Anda jika cahaya terang kecil itu bukanlah bintang seperti yang kita kira, melainkan Merkurius dan Venus dan mengapa bisa demikian?

Menjawab persoalan ini, Peneliti Fisika Matahari, Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), Agustinus Gunawan Admiranto menjelaskan melalui laman resmi edukasi sains Lapan.

Dijelaskan Gunawan, dilihat dari posisi Matahari terhadap Bumi, planet-planet yang mengorbit Matahari digolongkan menjadi dua, yaitu planet superior dan planet inferior.

Baca juga: Hari Ini, Saksikan Venus dan Merkurius Tampak Jelas di Langit Sore

Untuk diketahui, planet inferior adalah planet yang orbitnya terletak di sebelah dalam orbit Bumi. Sementara, planet superior adalah planet yang orbitnya terletak di luar orbit Bumi.

Planet yang masuk dalam kategori tata surya planet inferior adalah Merkurius dan Venus.

"Saat planet mengorbit Matahari, posisinya terhadap Bumi selalu berubah dan penampakannya di langit juga selalu berubah," kata Gunawan.

Kenampakan Merkurius menjelang fajar pada Minggu (28/7/2013).Stellarium Kenampakan Merkurius menjelang fajar pada Minggu (28/7/2013).

Baca juga: Fenomena Langit Bulan Ini, Ada Supermoon dan Merkurius Jangan Terlewat

Proses penampakan sebelum Matahari terbit

Merkurius dan Venus (planet inferior) pada saat elongasi nol dan planet berada di antara Bumi dan Matahari, maka planet berada dalam kedudukan konjungsi atau kesejajaran bawah.

Untuk diketahui, elongasi adalah sudut yang dibentuk oleh posisi planet terhadap Matahari dan Bumi saat mengorbit.

Kedudukan konjungsi planet tersebut semakin bergerak ke arah barat, sudut yang dibentuk disebut dengan sudut elongasi barat.

Pada saat elongasi barat inilah, Merkurius dan Venus akan terletak di sebelah barat Matahari.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X