Kompas.com - 02/07/2020, 13:04 WIB
Ilustrasi Babi ShutterstockIlustrasi Babi

KOMPAS.com - Sebuah galur (strain) flu babi baru bernama G4 EA H1N1 (disingkat G4) baru saja diidentifikasikan oleh para ilmuwan di China dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Meskipun pada saat ini G4 hanya menular dari hewan ke manusia, para ahli menyebut bahwa virus bisa bermutasi menjadi menular antar-manusia dan berpotensi menjadi pandemi.

Meski demikian, para pakar kesehatan setuju bahwa virus ini bukan sesuatu yang harus kita takutkan saat ini juga. Berikut adalah tiga alasannya seperti dilansir dari Healthline, Kamis (7/2/2020):

1. Belum bisa menular antar-manusia

Seperti disebutkan di atas, pada saat ini G4 hanya bisa menular dari hewan ke manusia.

Baca juga: Bisa Jadi Pandemi, Ini 6 Fakta Virus G4 Flu Babi Baru dari China

Tim ahli di China mengidentifikasikan orang-orang yang terinfeksi virus G4 dan menemukan bahwa strain baru ini bisa mengikat pada reseptor pada manusia dan bereplikasi di saluran pernapasan.

Namun, virus ini tidak atau belum bisa menyebar dari orang yang telah terinfeksi ke orang-orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Virus G4 memang berpotensi mengalami mutasi yang membuatnya bisa menular antar-manusia seperti banyak virus flu lainnya, termasuk virus flu babi H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009.

Namun, mutasi seperti ini bisa juga tidak terjadi, seperti yang kita lihat pada strain virus flu burung H5N1.

Disebutkan oleh WHO dalam situs resminya, hampir semua kasus infeksi H5N1 terjadi pada manusia yang mengalami kontak dekat dengan burung, bangkai burung atau lingkungan yang terinfeksi.

"Virus ini (H5N1) tidak menginfeksi manusia dengan mudah, dan penyebaran dari manusia ke manusia tampak langka," tulis WHO.

Baca juga: Virus Flu Babi Baru G4 Disebut Sudah Menginfeksi 4,4 Persen Populasi China

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X