Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Dehidrasi, Hitung Kebutuhan Air pada Anak Tiap Harinya

Kompas.com - 15/06/2020, 07:32 WIB
Yohana Artha Uly,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cairan memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup manusia, yakni membantu fungsi organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Tak hanya bagi orang dewasa, tetapi air atau cairan juga penting bagi anak.

Pada bayi dan anak-anak kebutuhan air dalam tubuh jauh lebih banyak ketimbang orang dewasa.

Sebab, 75 persen dari keseluruhan berat badan bayi adalah air, dan pada anak- anak sebanyak 65 persen. Sementara pada orang dewasa sekitar 60 persen.

Baca juga: Mengenal IPAG60, Teknologi Pengolah Air Gambut Jadi Air Bersih

Dokter Spesialis Anak Konsultan Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan penting untuk orangtua mengetahui jumlah kebutuhan air si kecil setiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi.

"Nah ini ada hitungannya," katanya dalam diskusi online, Johnson: Bahaya Dehidrasi Pada si Kecil dan Penanganannya, Jumat (12/6/2020).

Ia menjelaskan, pada 10 kg pertama hitungannya 100 ml per kilogram. Kemudian pada 10 kg kedua hitungannya 50 ml per kilogram.

Ilustrasi air minumYSedova Ilustrasi air minum

Baca juga: Ini Jumlah Konsumsi Air yang Harus Diminum Selama Puasa Ramadhan

Artinya, apabila berat badan si kecil 9 kg itu berarti kebutuhan cairan dalam tubuh sebanyak 900 ml per hari, yakni hasil dari 9 kg dikali 100 mililiter.

Namun, apabila anak memiliki berat 12 kg, maka cairan yang dibutuhkan sebanyak 1.100 ml per hari. Berasal dari penjumlahan antara 10 kg dikali 100 ml dengan 2 kg dikali 50 ml.

"Jadi ini kebutuhan dasar, kalau ada masalah lain seperti konstipasi (sembelit), keringat berlebihan, atau olahraga berlebihan, itu akan butuh lebih banyak air," jelas Ariani.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com