Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2020, 10:48 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Tim ahli dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) telah melakukan kajian berdasarkan analisis statistik, pemodelan matematis dan studi literatur mengenai pengaruh cuaca dan iklim terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kajian tersebut dilakukan oleh tim BMKG yang diperkuat oleh 11 Doktor di Bidang Meteorologi, Klimatologi dan Matematika, serta didukung oleh Guru Besar dan Doktor di bidang Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.

Disampaikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, lewat siaran pers BMKG, Jumat (3/4/2020); hasil kajian yang telah disampaikan kepada Presiden dan beberapa Kementerian terkait pada tanggal 26 Maret 2020 lalu menunjukkan adanya indikasi pengaruh cuaca dan iklim dalam mendukung penyebaran wabah virus corona.

Baca juga: Ahli Peringatkan, Corona Bukan Pandemi Terakhir yang Dihadapi Dunia

Ini sesuai dengan yang disampaikan oleh penelitian Araujo dan Naimi (2020), Chen et. al. (2020), Luo et. al. (2020), Poirier et. al (2020), Sajadi et.al (2020), Tyrrell et. al (2020), dan Wang et. al. (2020).

Akan tetapi, cuaca dan iklim hanya faktor pendukung, bukan faktor penentu, untuk Covid-19 berkembang pada wabah gelombang pertama di negara atau wilayah dengan lintang tinggi.

Pada wabah gelombang kedua, peran cuaca dan iklim sebagai faktor pendukung menjadi semakin jelas.

Laporan tim BMKG dan UGM pun mengatakan bahwa meningkatnya kasus pada gelombang kedua saat ini di Indonesia tampaknya lebih kuat dipengaruhi oleh pengaruh pergerakan atau mobilitas manusia dan interaksi sosial.

Baca juga: Ilmuwan Gunakan Selembar Kertas untuk Temukan Corona dalam Air Limbah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com