Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artotel Resmi Beroperasi di Gelora Senayan, Ada Alih Manajemen

Kompas.com - 22/04/2024, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artotel Group secara resmi mengumumkan beroperasinya ARTOTEL di Gelora Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo serta Pendiri & CEO Artotel Group Erastus Radjimin.

Transisi pengalihan pengelolaan manajemen hotel dari manajemen sebelumnya sudah
berlangsung sejak Desember 2023.

Proses ini diawali dengan tender (lelang) terbuka yang ditandai dengan kegiatan market expose oleh puluhan operator hotel.

Kegiatan tersebut berlangsung secara transparan dan melalui tahapan lelang profesional atau pitching oleh PPKGBK dengan beberapa operator hotel di Indonesia.

Baca juga: Akuisisi MHPG, Artotel Kelola 100 Hotel di Seluruh Indonesia

Ini merupakan ukiran sejarah baru bagi PPKGBK dimana penunjukkan pengelolaan hotel dengan pola Kerja sama Manajemen (KSM) yang baru ini terjadi setelah 30 tahun menggunakan pola Kerja sama Operasional (KSO) dengan mitra sebelumnya.

Rakhmadi mengungkapkan, menjelang berakhirnya kerja sama area Blok 18 pada tahun 2023, PPKGBK melakukan serangkaian pembahasan intens dengan sejumlah lembaga.

Di antaranya dengan Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPKBLU) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membahas opsi perubahan pola kerja sama dalam pengelolaan area Blok 18.

Dengan pertimbangan optimalisasi pemanfaatan aset, peningkatan pengembangan inovasi skema layanan pengelolaan kawasan, dan peningkatan kontribusi kepada negara secara maksimal, serta sesuai hasil kajian internal PPKGBK dan didukung Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), maka manajemen PPKGBK memutuskan untuk mengubah pola kerja sama area Blok 18 dari KSO menjadi Kerjasama Manajemen (KSM).

“Dengan penerapan KSM akan dilakukan rebranding dan renovasi besar terhadap area hotel dengan mengusung konsep ramah lingkungan, Modern Clean Minimalist, dengan tetap
mempertahankan kelas hotel bintang empat, serta menjaga dukungan terhadap olahraga
nasional dengan memperbaiki dan menambah fasilitas kamar untuk atlet," ucap Rakhmadi dalam rilis, Senin (22/4/2024).

Sementara Erastus menambahkan, komitmen Artotel Group atas visi ini diwujudkan lewat renovasi dan pembaruan secara masif.

"Rencana kami, Oktober 2024, publik akan bisa menikmati wajah serta kualitas baru dari Fase 1 pembaruan hotel," tambah dia.

Nantinya, bakal ada beberapa fase yang akan dijalani untuk mencapai tingkat ideal.

"Perjalanan kami masih panjang dan dengan rendah hati, kami memohon doa restu dan dukungan publik atas semua rencana kami. Kami akan memberikan perubahan secara nyata untuk para stakeholder hotel," tuntas Erastus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com