Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi MHPG, Artotel Kelola 100 Hotel di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 14/04/2023, 09:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator hotel Indonesia, Artotel Group, secara resmi mengakuisisi pesaing ketatnya Milestone Pacific Hotel Group (MPHG). 

Artotel meyakini langkah strategis ini akan memperkuat posisinya untuk menjadi perusahaan manajemen perhotelan terkemuka di Indonesia.

MPHG memiliki enam merek hotel yang beken di kalangan urban travele, yakni Maxone, Nite & Day, Zia, Ruma Ruma, Marc, dan One of a Kind.

Hingga 2022, jumlah total properti yang mereka sebanyak 45 hotel yang tersebar di kota-kota tier kedua dan sejumlah provinsi di Indonesia.

Baca juga: Konglomerat Mayapada Group Gandeng IHG Bangun Hotel Premium voco Bali

Dengan menguasai saham mayoritas MPHG, Artotel kini mengelola lebih dari 100 properti dengan jenama hotel berbeda, yakni Artotel, Dafam, Kyriad, dan Maxone, yang tersebar di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Opsi yang lebih luas

Dikutip dari Tophotelnews, Artotel tidak hanya terkenal sebagai spesialis hotel butik dengan konsep seni dan gaya hidup, tetapi juga menyediakan berbagai pilihan akomodasi.

Mulai dari hotel mewah, butik, hingga ekonomis yang dapat memenuhi kebutuhan akomodasi pasar domestik Indonesia yang sangat besar, baik untuk bisnis maupun kebutuhan rekreasi.

Kelompok bisnis ini secara resmi memiliki 50 proyek hotel baru lainnya yang akan bergabung dengan portofolionya hingga tahun 2025.

Sejatinya, perkembangan pesat Artotel dicapai dalam waktu tiga tahun, karena pada tahun 2020 perseroan hanya mengelola 17 hotel dan tentunya mengalami tantangan pandemi covid.

Sejak saat itu, grup ini berhasil mendapatkan dukungan dari para investor yang percaya akan kemampuannya sebagai operator hotel lokal yang andal dan dapat menjadi perusahaan Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional.

Oleh karena itu, Artotel berhasil bangkit dengan melakukan berbagai aksi ekspansi bisnis yang agresif sejak tahun 2021 seperti mengakuisisi franchise Kyriad di Indonesia, serta mengakuisisi jenama lokal terkemuka Indonesia seperti Dafam dan Maxone.

Founder dan CEO Artotel Group Erastus Radjimin mengatakan, kesuksesan yang dicapai dengan mengelola lebih dari 100 hotel tidak membuat Perusahaan lupa diri.

Sebaliknya, pencapaian ini menjadikan tanggung jawab yang lebih besar untuk memberikan layanan terbaik kepada pemangku kepentingan kami, tidak hanya kepada tamu atau pelanggan kami, tetapi juga kepada pemilik, karyawan, dan mitra hotel.

Oleh karena itu, perusahaan telah menyiapkan strategi bisnis yang berkelanjutan untuk meningkatkan pendapatan hotel dan kesejahteraan pemangku kepentingan.

"Di antaranya dengan mengutamakan infrastruktur berbasis teknologi sehingga operasional hotel menjadi efisien dan efektif untuk kepuasan tamu, serta memperluas jaringan distribusi hotel kami untuk meningkatkan pendapatan dari setiap hotel yang kami kelola," tutur Erastus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com