Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok, Kereta Ekonomi "New Generation" Dioperasikan

Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA (106) Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng mulai 14 Maret 2024 dan KA (105) Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen mulai 15 Maret 2024.

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation tersebut, maka stamformasi KA Gaya Baru Malam Selatan menjadi dua kereta eksekutif, 5 kereta ekonomi new generation, serta masing-masing satu kereta makan, pembangkit, dan bagasi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience.

Baca juga: Kereta Api Jadi Moda Transportasi Andalan Pemudik Tahun 2024

"Sehingga, tetap relevan dengan perkembangan zaman," jelas Joni dilansir dari laman KAI, Rabu (13/3/2024).

Menurut dia, KAI secara konsisten terus beradaptasi memenuhi harapan masyarakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi.

Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, secara bertahap diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan.

Kini, KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi New Generation, dimana jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi. Sehingga, leg room (ruang kaki) menjadi lebih luas.

Selain itu, kata Joni, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar, bisa diatur kemiringannya, serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, pembaruan juga dilakukan di interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu.

Interior kereta juga dimodifdikasi mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan di toilet dengan nuansa lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Selain itu, tersedia  juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com