Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portal Jual Beli Rumah Makin Jadi Andalan Agen Properti

Kompas.com - 28/02/2024, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen properti kian mengandalkan situs jual beli rumah untuk menggapai konsumen.

Founder GadingPro Steven Milano mengatakan, hal ini menyesuaikan perkembangan zaman yang bergerak ke arah digitalisasi.

Oleh karena itu, perusahaan agen properti miliknya telah menjalin kerja sama dengan Rumah123 selama 8 tahun belakangan ini.

"Memang tahun ini saya lebih fokus lagi buat kerja sama dengan Rumah123 karena kita sudah era digital dan pembeli properti apalagi umur 25 sampai 40 itu sudah jarang yang keliling-keliling lihat spanduk untuk cari properti," jelasnya dalam media briefing di Kantor Rumah123, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Sejak Juli 2023 hingga Januari 2024, rata-rata pertumbuhan agen GadingPro yang tergabung dalam Rumah123 mencapai 60 persen.

Listing properti juga tumbuh sebesar 49 persen dan permintaan hunian dari Rumah123 ke GadingPro terkerek naik hingga 60,7 persen.

Dalam perjalanan mengembangkan performa bisnis, ada sejumlah tantangan yang dihadapi, seperti adaptasi terhadap teknologi baru dan persaingan pasar yang semakin kompetitif.

Baca juga: Pemerintah Janji Tambah Kuota KPR FLPP 2024 Jadi 220.000 Unit

"Salah satu strategi yang paling efektif adalah fokus kepada konten listing berkualitas dan interaksi yang terus-menerus dengan audiens atau calon pembeli melalui berbagai platform digital," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Senior Vice President Listing Business Rumah123 Faizal Abdullah menjelaskan, kehadiran secara digital tidak hanya menguntungkan agen properti, tetapi juga mendorong Rumah123 menjadi platform yang lebih efisien dan efektif bagi agen dalam menjalankan bisnisnya.

Saat ini, Rumah123 memiliki lebih dari 2 juta listing properti aktif. Jumlah ini merupakan bentuk kepercayaan para agen properti dalam memasarkan listing propertinya.

Selain itu, salah satu fitur terbaru yang diluncurkan oleh Rumah123 adalah K123DIT yang bisa digunakan untuk aktivasi repost untuk meningkatkan posisi iklan secara instan ke peringkat teratas di kelasnya.

"Fitur-fitur yang paling penting mencakup pencarian properti yang efisien, alat manajemen prospek yang kuat, dan analisis data yang mendalam yang kami hadirkan membantu agen mengambil keputusan yang lebih baik," papar Faizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com