Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jutaan Calon Pembeli Bersaing Dapatkan 3 Apartemen Mewah di Seoul

Kompas.com - 28/02/2024, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari sejuta orang mengajukan permohonan untuk membeli salah satu dari tiga unit  apartemen baru di kawasan Gangnam, Seoul, Korea Selatan. 

Apartemen mewah bernama The H Firstier IPark tersebut, dulunya merupakan kompleks kumuh yang terbengkalai selama empat dekade.

Kawasan tersebut kemudian dibangun kembali oleh Hyundai Engineering and Construction dan HDC Hyundai Development Co.

Tiga unit apartemen yang akan dijual tersebut sangat menarik minat konsumen karena ditawarkan dengan harga pre sales empat tahun lalu, bukan dengan harga pasar saat ini.

Baca juga: 10.581 Apartemen di Jakarta Penuhi Syarat Dapat Diskon PPN

Itu artinya, para pembeli yang beruntung bisa menghemat banyak dana dan mendapatkan keuntungan besar jika kembali menyewakan unit apartemen tersebut. 

Di Korea Selatan, masyarakat cenderung membeli unit apartemen baru bahkan sebelum konstruksinya dimulai karena harga jual yang lebih murah dan pembeli bisa membayar secara bertahap pada tahun-tahun berikutnya.

Karena persaingan yang ketat untuk mendapatkan hunian, pemerintah menetapkan bahwa keluarga dengan jumlah anggota yang banyak atau mereka yang sudah lama tidak memiliki properti harus mendapatkan prioritas untuk apartemen. 

Seperti dikutip dari Bloomberg, tiga unit apartemen di kompleks tersebut dijual setelah pembeli yang sudah menyepakati pembelian unit secara pre sales menarik diri dari kesepakatan tersebut.

Karena unit-unit tersebut telah selesai dibangun, maka unit-unit tersebut dikecualikan dari peraturan yang memprioritaskan kepemilikan untuk rumah tangga tertentu.

Baca juga: Nih Keuntungan Beli Properti yang Belum Rampung Dibangun

Selain dijual dengan harga yang terjangkau, apartemen berada dekat dengan pusat pendidikan swasta dan sekolah menengah negeri yang banyak dicari di Gangnam.

Para penawar yang berhasil mendapatkan tiga unit ini akan diumumkan secara resmi pada Kamis (29/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com