Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Sarana-Prasarana Baru KA Makassar-Parepare Dibangun

Kompas.com - 26/02/2024, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek pembangunan prasarana perkeretaapian untuk mendukung pengoperasian Kereta Api (KA) Makassar-Parepare antara Mandai-Palanro.

“Tahun ini, ada beberapa prasarana yang akan dibangun, di antaranya overpass Tonasa yang saat ini sedang dalam proses pembebasan lahan serta pengadaan dan pemasangan peralatan di Depo Maros,” ujarnya dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (26/2/2024).

Selain itu, akan dilakukan pula pembangunan jalan akses dan fasilitas pendukung di stasiun lintas Makassar-Parepare, salah satunya fasilitas keselamatan di emplasemen Stasiun Mandai dan Jalan Damai Ongkoe.

Baca juga: Hampir Setahun Beroperasi, Keterisian Penumpang KA Makassar-Parepare 75 Persen

Terkait hal ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kemenhub dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros telah menandatangani Nota Kesepakatan tentang Peningkatan Keselamatan pada Perlintasan Tidak Sebidang Jalur Kereta Api antara Mandai-Maros.

Rencana akses Ongkoe didesain untuk mengoptimalkan fungsi jalan, sehingga tidak mengganggu perjalanan kereta api dan mengoptimalkan panjang spoor efektif track Stasiun Mandai.

"Tak kalah penting, dampak kecelakaan kereta api dengan kendaraan lain pun bisa dimitigasi dengan adanya pembangunan ini,” ungkap Budi.

Adapun sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 Maret 2022 silam, load factor (tingkat keterisian penumpang) KA Trans-Sulawesi lintas Makassar-Parepare telah mencapai 75 persen.

Hal ini tentu membuktikan minat masyarakat di Sulawesi untuk menggunakan angkutan massal, khususnya kereta api meningkat.

Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional, di mana pembangunan KA Trans-Sulawesi akan menghubungkan antar-provinsi di Sulawesi, mulai dari ulawesi Selatan (Makassar) sampai ke Sulawesi Utara (Manado).

KA Makassar Parepare melayani empat perjalanan setiap harinya, dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 270 kursi.

Waktu tempuh untuk sekali perjalanan adalah maksimal dua jam. Adapun jumlah penumpang KA Makassar-Parepare hingga saat ini telah menyentuh angka 259.994 orang per Februari 2024.

“Kita berharap minat masyarakat di Sulawesi semakin tinggi menggunakan kereta api, dan beralih dari kendaraan pribadi,” pungkas Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com