Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terkontraksi, Indeks Penjualan Rumah Kembali Meningkat

Kompas.com - 19/02/2024, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa penjualan properti residensial di pasar primer pada Triwulan IV-2023 secara tahunan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

Penjualan properti residensial menjelang akhir tahun 2023 itu tercatat meningkat 3,37 persen (yoy), membaik signifikan dari triwulan sebelumnya yang terkontraksi sebesar -6,59 persen (yoy).

Peningkatan penjualan properti pada terjadi pada seluruh tipe rumah, terutama tipe menengah 6,29 persen (yoy) dan tipe besar 19,93 persen (mtm).

Sementara untuk rumah tipe kecil tercatat lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya meski masih berada dalam zona kontraksi 1,60 persen (yoy).

Baca juga: Harga Rumah Terus Naik, Paling Tinggi di Mana? 

Berdasarkan informasi dari responden, sejumlah faktor yang menghambat penjualan properti residensial primer antara lain Masalah perizinan/birokrasi (33,62 persen); Suku bunga KPR (28,07 persen); Proporsi uang muka yang tinggi dalam pengajuan KPR (22,83 persen); dan Perpajakan (15,47 persen).

Penjualan rumah primer secara tahunan yang meningkat ditopang oleh masih kuatnya penjualan rumah secara triwulanan pada Triwulan IV-2023 .

Hal tersebut tecermin dari pertumbuhan penjualan rumah primer sebesar 2,12 persen (qtq), meski tidak setinggi pertumbuhan triwulan sebelumnya 6,74 persen (qtq).

Masih kuatnya penjualan rumah secara triwulanan terutama ditopang oleh penjualan rumah tipe kecil 3,81 persen (qtq) dan tipe besar 1,22 persen (qtq).

Sementara itu, penjualan rumah tipe menengah terindikasi mengalami kontraksi 0,62 persen (qtq).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com