Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Auditorium dan Entrepreneurship Terpadu Unbraw Diresmikan

Kompas.com - 19/02/2024, 08:01 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Gedung Auditorium Brawijaya dan Gedung Entrepreneurship Terpadu Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/2/2024).

"Kami harap kontribusi kecil ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan Universitas Brawijaya, yang alumninya sudah banyak yang bekerja di PUPR juga," kata Menteri Basuki, dikutip dari keterangan resmi, Senin (19/2/2024).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur Muhammad Reva menjelaskan, pembangunan Gedung Auditorium Brawijaya dilaksanakan pada Oktober 2021 hingga April 2023 dengan nilai kontrak Rp 140,367 miliar.

Fungsi utama Gedung Auditorium Brawijaya adalah untuk penyelenggaraan berbagai kegiatan dengan kapasitas 800 orang.

Auditorium dilengkapi dengan kursi teleskopik, lighting systemsound system yang sudah memadai serta sudah dilengkapi panel akustik sehingga lebih kedap suara. Dalam gedung ini juga sudah ada ruang parkir.

Gedung Auditorium Brawijaya memilki 6 lantai dengan luas bangunan 9.579 meter persegi.

Gedung ini berkonsep arsitektur modern yang mengangkat kearifan lokal arsitektur Majapahit, sehingga tampilan bangunan didominasi batu bata ekspos sehingga homogen dengan konsep desain kawasan Universitas Brawijaya.

Sedangkan pembangunan Gedung Entrepreneurship Terpadu yang dilakukan sebanyak 6 lantai seluas 4.194 meter persegi di lantai 5-10. Sehingga luas total bangunannya menjadi 7.294 meter persegi.

Baca juga: Basuki Pindah ke IKN Bareng Istri Juli Ini, Rumah Dinasnya Hampir Jadi

"Pembangunan sebelumnya baru mencapai lantai 4, lalu dilanjutkan mulai lantai 5 hingga 10, sehingga gedung ini dapat berfungsi sebagaimana yang direncanakan. Gedung ini untuk mewadahi beragam kegiatan pada laboratorium penelitian," ucapnya.

Rektor Universitas Brawijaya Widodo mengatakan Universitas Brawijaya berjanji akan memanfaatkan kedua gedung ini dengan sebaik-baiknya.

Tidak hanya untuk perkuliahan, tetapi juga sebagai sarana entrepreneurship dan laboratorium untuk riset skala internasional.

"Terima kasih kepada Menteri PUPR beserta jajaran atas budi baiknya sehingga gedung ini menjadi salah satu tonggak Universitas Brawijaya serta motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan proses pendidikan demi generasi muda ke depan," tutur Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com