Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju Kampus Kelas Dunia, Unsri Bakal Punya Embung Penyimpan Air Hujan

Kompas.com - 11/09/2023, 12:54 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mewujudkan wisata world class univeristy (universitas kelas dunia), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bangun embung di kawasan Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Direktur Irigasi dan Rawa Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Ismail Widadi mengatakan, embung di kawasan Unsri dibangun sebagai konservasi SDA yang akan menyimpan air saat musim hujan dan digunakan kala musim kemarau.

"Selain itu, embung ini diharapkan menjadi sumber air baku bagi kampus Unsri," terang Ismail dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (11/9/2023).

Menurut Ismail, embung ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat riset (laboratorium lapangan) bagi civitas academica Unsri serta menjadi ekosistem berbagai jenis flora maupun fauna, termasuk mendukung keberadaan Taman Firdaus di Unsri.

"Ketersediaan air di dalam embung juga bisa digunakan untuk membasahi lahan, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun pemadaman di Ogan Ilir," lanjut Ismail.

Baca juga: Akhir 2023, Magelang Bakal Punya Embung Baru yang Dilengkapi Jogging Track

Pembangunan Embung Unsri oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Ditjen SDA Kementerian PUPR dikerjakan secara bertahap mulai pada Tahun Anggaran (TA) 2018 sampai dengan 2021.

Pada tahun 2018 dikerjakan oleh penyedia jasa PT Bukit Baraja Jaya dengan anggaran senilai Rp 5,4 miliar.

Sedangkan ditahun 2019 oleh penyedia jasa PT Antara Konstruksi dengan anggaran senilai Rp 34,4 miliar.

Lalu, tahun 2020-2021 dikerjakan oleh PT Legend Bukit Konstruksi dengan anggaran senilai Rp 17,4 miliar.

Rektor Universitas Sriwijaya Anis Saggaff berharap Komisi V DPR RI dapat membantu tentang sarana prasarana di Unsri yang menurutnya harus dipercepat karena sudah memasuki tahapan PTN-BH dan World Class University.

"Dengan dibangunnya embung oleh Kementerian PUPR, harapan kami juga bisa dilakukan penataan disekitar kawasan di sekitar embung," tutup Anis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com