Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Situ Lembang Tuntas Direhabilitasi, Telan Rp 43,802 Miliar

Kompas.com - 15/02/2024, 10:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi Bendungan Situ Lembang di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk menghadapi tantangan perubahan iklim, seperti hujan ekstrim atau kekeringan panjang, Indonesia harus memperbanyak tampungan air, baik melalui embung maupun bendungan.

"Salah satu adaptasi perubahan iklim dapat dilakukan dengan mengoptimalkan dan merehabilitasi bendungan, termasuk Bendungan Situ Lembang di Kabupaten Bandung Barat ini," ujarnya dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR pada Kamis (15/02/2024).

Kepala BBWS Citarum, Bastari menambahkan, Bendungan Situ Lembang merupakan bendungan tua yang dibangun pada tahun 1912.

Bendungan ini merupakan urugan tanah dengan tinggi 10,5 meter, panjang 350 meter dan luas waduk 54,97 hektar, sehingga membentuk tampungan total 3,02 juta m3.

Baca juga: 19 PSN Bendungan dari Sabang-Merauke Rampung Tahun 2024

Sebelumnya dari hasil pemeriksaan, diperlukan kegiatan rehabilitasi Bendungan Situ Lembang untuk keamanan dan optimalisasi fungsi bendungan. Pekerjaan dilakukan pada tahun 2022-2023 dengan biaya Rp 43,802 miliar.

"Pekerjaan rehabilitasi Bendungan Situ Lembang meliputi perbaikan tubuh bendungan, pengerukan sedimen, perbaikan bangunan pelimpah dan intake, serta pembangunan fasilitas dan sarana pendukungnya," kata Bastari.

Bendungan ini berfungsi untuk konservasi daerah aliran sungai (DAS) Situ Lembang 6,05 km2, dan sumber air baku untuk Air Minum Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat sebesar 200 liter/detik.

"Bendungan Situ Lembang juga berkontribusi untuk pengendalian banjir di wilayah Bandung yang dapat mereduksi debit banjir hingga 73% pada daerah tangkapan airnya," pungkasnya.

Selain itu, karena berada di wilayah latihan Pusdiklatpasus, Bendungan Situ Lembang juga dimanfaatkan sebagai bagian prasarana latihan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com