Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Bendungan Karian Pasok Air Baku Banten, Jakarta, hingga Jabar

Kompas.com - 08/01/2024, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Senin (08/01/2024).

Kepala Negara menyampaikan, Bendungan Karian dibangun sejak tahun 2015 dengan menghabiskan anggaran senilai Rp 2,2 triliun.

Bendungan ini memiliki daya tampung sebesar 315 juta meter kubik dengan luas genangan 1.773 hektar.

"Ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat di Provinsi Banten serta di DKI Jakarta dan sebagian kecil di Provinsi Jawa Barat," ujar Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

Baca juga: Lima Bendungan Siap Diresmikan Awal 2024

Dia menjelaskan, Bendungan Karian tidak hanya memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat di Provinsi Banten, melainkan juga masyarakat di Jakarta hingga Jawa Barat.

"Bendungan Karian ini juga akan bisa memenuhi kebutuhan air baku sebesar 10,6 meter kubik per detik bagi masyarakat di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang, serta di Jakarta bagian barat dan juga Kabupaten Bogor," jelasnya.

Jokowi menuturkan, Bendungan Karian juga memiliki manfaat irigasi untuk 22.000 hektar sawah dan sebagai pengendali banjir di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkasbitung.

"Yang keempat, juga bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang menghasilkan listrik 1,8 megawatt," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com