Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN) siap diresmikan pada awal tahun 2024 atau sebelum Pemilihan Umum (Pemilu).

Selain Bendungan Sepaku Semoi, juga ada empat bendungan lain yang siap diresmikan awal tahun depan, yakni Bendungan Karian, Bendungan Cipanas, Bendungan Tiu Suntuk, dan Bendungan Lolak.

"Lima bendungan yang siap diresmikan pada awal 2024 yaitu Bendungan Karian, Cipanas, Sepaku Semoi, Tiu Suntuk, dan Lolak," ujar Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah pada kesempatan berbeda menjelaskan, Bendungan Sepaku Semoi sudah impounding.

"Impounding kan artinya bendungan sudah terisi, kalau ini pada waktu hujannya seperti yang diperkirakan, tentu akan lebih banyak. Nanti setelah impounding kan dievaluasi lagi," jelas Zainal saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Bendungan tersebut akan memiliki kapasitas 2.000 liter per detik untuk IKN, dan 500 liter per detik untuk dialirkan ke Balikpapan.

Baca juga: Hutama Karya Garap 8 Gedung Rusun ASN di IKN, Nilainya Rp 1,48 Triliun

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga tahun 2023 senilai Rp 556 miliar oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya-PT Sacna-PT BRP (KSO).

Selain bendungan, Kementerian PUPR juga membangun Intake Sungai Sepaku untuk penyediaan air baku berkapasitas 3.000 liter per detik.

"Yang penting untuk Sepaku Semoi itu kan ada intake yang akan kita gunakan, dan itu sudah dikerjakan sekarang. Jadi, artinya air minum yang sedang kita siapkan air bakunya sudah kita siapkan melalui Sepaku Semoi," tandas Zainal Fatah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com