Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Basuki buat Pemimpin Baru Indonesia

Kompas.com - 15/02/2024, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan sejumlah pesan buat pemimpin baru Indonesia. Tentunya pesan yang diberikan adalah terkait infrastruktur.

Menurut Basuki, infrastruktur yang perlu ditingkatkan oleh pemimpin baru adalah air dan sanitasi untuk menunjang hidup layak dan konektivitas untuk kemakmuran.

"Kalau untuk hidup layak itu air, tapi untuk makmur itu konektivitas," kata Basuki saat ditemui usai melakukan pemungutan suara di TPS 161 Kemang Pratama Bekasi, Rabu (14/2/2024).

Basuki memberikan contoh negara maju dengan kualitas air dan sanitasi yang layak, yakni Portugal.

"Yang namanya Portugal itu portable water sudah 99 persen men-serve penduduknya. Untuk air minum semua yang di kamar mandi itu (bisa diminum)," lanjut Basuki.

Di sisi lain, Basuki juga mengaku melakukan salat tahajud pada malam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini. Dirinya mengaku memohon agar diberikan pemimpin yang terbaik untuk Indonesia.

Baca juga: Basuki Bertolak ke Demak Kamis Besok, Pastikan Perbaikan Tanggul Beres

"Saya sempat tahajud memohon supaya ini diberikan yang terbaik. Kita kan enggak ngerti ini Allah punya rencana apa ini, gonjang-ganjing ini kan," ujar Basuki.

Dalam melakukan pemungutan suara tersebut, Basuki didampingi oleh istri, anak, dan cucunya. Basuki juga mengenakan kemeja lengan pendek bermotif yang berwarna hitam dan abu-abu.

"Baju hariannya kan sudah putih, sekarang ganti yang lain," tutur Basuki.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, Basuki dan keluarga menuju TPS pada pukul 12.06 WIB.

Kemudian, Basuki melakukan pemungutan suara dan memasukkan surat suara ke kotak suara sekitar pukul 12.20 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com