Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Bertolak ke Demak Kamis Besok, Pastikan Perbaikan Tanggul Beres

Kompas.com - 14/02/2024, 20:43 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan bertolak ke Demak, Jawa Tengah pada Kamis (15/2/2024) untuk meninjau penanganan dua tanggul jebol.

Basuki menjanjikan penanganan tanggul jebol tersebut beres dalam waktu tiga hari, terhitung hingga Kamis. 

"Saya besok ke sana lagi. InsyaAllah, saya janjinya kan tiga hari, tiga hari itu sampai Kamis," ujar Basuki saat ditemui usai melakukan pencoblosan di TPS 161 Kemang Pratama Bekasi, Rabu (14/2/2024).

Ada dua tanggul yang jebol akibat hujan lebat, yaitu tanggul setinggi 30 meter dan setinggi 10 meter.

Jelas Basuki, tanggul setinggi 10 meter sudah tertutup. Sementara tanggul setinggi 30 meter sudah tertutup sekitar 20 meter.

"Yang 30 meter itu sudah tinggal 10 meter yang belum tertutup, mudah-mudahan hari ini bisa tertutup, besok tinggal nebalin," lanjut Basuki.

Baca juga: Basuki dan Sri Mulyani Kompak Pakai Baju Hitam Saat Mencoblos

Sebelumnya, Basuki telah meninjau titik jebolnya tanggul Sungai Wulan akibat debit banjir besar dan intensitas hujan tinggi pada Senin (12/2/2024).

"Untuk penanganan tanggul jebol ini sudah diturunkan 4 unit excavator dan 3 unit excavator amfibi 3," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Untuk mengurangi genangan, Kementerian PUPR menyiapkan 12 pompa berkapasitas 5 meter kubik per detik.

Menurut dia, untuk penanganan banjir di sekitar Kudus dan Demak, sudah akan segera dimulai peningkatan kapasitas Rumah Pompa Drainase Kencing yang masuk ke Sungai Wulan dan normalisasi Sungai Wulan sepanjang 22 kilometer yang akan mulai dikerjakan pada TA 2024-2026.

Selain perbaikan tanggul dan normalisasi Sungai Wulan, juga telah diprogramkan pembangunan tanggul dan normalisasi Sungai Juana sepanjang 60 kilometer pada tahun 2025-2027 dan rehabilitasi tanggul sepanjang 10 kilometer pada 2025-2027.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com