Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Pastikan Bakal Tol Terpanjang di Indonesia Tetap Jadi PSN

Kompas.com - 08/02/2024, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) tetap jadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Suroto dalam media briefing di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

"Kalau sementara ini belum (dicoret dari daftar PSN)," ujarnya.

Adapun Tol Getaci digadang bakal menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia sepanjang 206,65 kilometer, menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan bentang 189 kilometer.

Lanjutnya, proyek Tol Getaci ini masih dalam proses tender ulang untuk penentuan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Pengadaan lahannya juga sudah kami anggarkan," imbuh Suroto.

Baca juga: 10 PSN Beres Pasca Jokowi Lengser, Apa Saja?

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengatakan bahwa pembebasan lahan proyek Tol Getaci terus dilakukan.

"Pembebasannya jalan terus, enggak akan disetop," ucap Basuki saat ditemui usai media briefing di Kantor LMAN, Jakarta, pada Selasa (23/1/2024).

Bahkan, Basuki belum lama ini juga telah menandatangani dokumen pembayaran pembebasan lahan proyek Tol Getaci.

"Bahkan kemarin saja saya baru menandatangani, oh ada pembayaran, Getaci ada," jelas Basuki.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Rustanto menjelaskan, lahan proyek Tol Getaci yang akan dibebaskan pada tahap awal mencapai daerah Garut utara.

"Yang sampai Garut Utara pembebasan lahannya sudah sampai 30 persenan, yang jelas kita sebesar Rp 1 triliun sudah dibayarkan untuk itu," kata Rustanto.

Sementara Tol Getaci masuk dalam top 5 realisasi PSN sektor tol tahun 2023 oleh LMAN. Berdasarkan data, pembebasan lahan Tol Getaci pada tahun 2023 menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 914 miliar.

Dibangun pada semester II-2024

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, proyek bakal calon jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut masih dalam tahap lelang pekerjaan konstruksi.

"Kita masih tender, masih lelang konstruksi, jadi lewat tahun 2024 (beroperasinya)," tutur Hedy saat ditemui usai peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Senin (8/1/2024).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com