Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober 2024, Stadion Teladan di Medan Bakal Berstandar FIFA

Kompas.com - 08/02/2024, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah memulai proyek Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu ditandai dengan prosesi Groundbreaking Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan Kota Medan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dan Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, pada Selasa (06/02/2024).

Diana menyampaikan, berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, Stadion Teladan memiliki kapasitas penonton yang besar yaitu mencapai 15.000 penonton namun belum sepenuhnya memenuhi aspek keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan bagi penonton.

"Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pada bangunan agar memenuhi standar kelayakan stadion yang telah ditetapkan oleh PSSI maupun FIFA," ujarnya dikutip dari laman resmi Ditjen Cipta Karya.

Stadion Teladan yang berada di Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, ini telah dibangun mulai tahun 1951 dan diresmikan pada tahun 1953.

Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON), stadion ini akan dibangun kembali dengan luas lahan 36.000 m2 dan berkapasitas 20.000 penonton.

Baca juga: Stadion Maguwoharjo Sleman Direnovasi Berstandar FIFA, Nih Desainnya

Proyek Stadion Teladan terdapat dua pekerjaan, yaitu Pekerjaan Fisik Sarana dan Prasarana Pendukung yang menjadi ranah Pemerintah Kota Medan, serta Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan yang menjadi ranah Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Adapun lingkup pekerjaannya antara lain pekerjaan persiapan, tanah, struktur, arsitektur, MEP, atap, dan pemugaran.

Diana berharap pekerjaan ini dapat berjalan lancar, diharapkan selesai pada Oktober 2024 serta selalu mengingat 5T, Tepat Mutu, Tepat Waktu, Tepat Biaya, Tepat Administrasi, dan Tepat Manfaat.

DIkutip dari laman resmi Pemkot Medan, perbaikan Stadion Teladan merupakan kolaborasi antara Pemkot Medan dengan Kementerian PUPR dengan total anggaran sebesar Rp 510 miliar. Rinciannya dari APBN Rp 275 miliar dan APBD Rp 235 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com