Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi "Brand" Internasional Bikin Tingkat Hunian Mal Naik

Kompas.com - 07/02/2024, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tipis, ekspansi brand internasional berdampak pada naiknya tingkat hunian mal yang ada di Jakarta.

Cushman & Wakefield melaporkan, ekspansi brand internasional baik di mal yang sudah ada maupun di mal yang baru direnovasi, meningkatkan tingkat hunian rata-rata pasar sebesar 1,5 persen secara tahunan (year on year/YoY).

“Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, tingkat hunian mal di Jakarta pada kuartal IV 2023 naik 1,8 persen. Sehingga secara total tingkat hunian mal di akhir 2023 mencapai 78,6 persen,” ungkap Senior Analyst, Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Victorina Arif.

Baca juga: Tahun Ini, Jakarta Bakal Punya Tiga Mal Baru

Dua brand internasional yakni UNIQLO dan KKV membuka outlet baru mereka di La Piazza. Sedangkan brand lainnya, Chicco baru-baru ini membuka toko terbesar se-Asia Tenggara di Gandaria City.

Brand internasional lain yang membuka toko pertama mereka di Indonesia di penghujung tahun 2023 yakni Dagu Rice Noodle, Monster Curry, Sushiro, Matchaya Pinko, POLA, Acme De la Vie, dan Flying Tiger Copenhagen.

Sementara itu, permintaan akan sewa ruang ritel di mal pada kuartal IV 2023 naik 2 persen secara tahunan.


Dari segi penyewa, tenant makanan dan minuman atau food and beverage (F&B), masih menjadi tenant yang paling aktif menyewa. Di urutan berikutnya, ada tenant produk kecantikan dan gaya hidup.

Tenant dari sektor hiburan, yang mencakup area permainan dan taman bermain untuk anak-anak dan dewasa, juga melakukan ekspansi di beberapa mal di Jakarta.

Baca juga: Sektor Ritel Kembali Pulih Seperti Sebelum Pandemi

Taman bermain tematik dari Finlandia, Superpark, membuka taman bermain pertamanya di Pondok Indah Mall-Street Gallery.

Taman bermain sportainment, Skorz, juga tercatat membuka gerainya di FX Sudirman.

Sementara itu, Playtopia membuka outlet baru mereka di Senayan Park dan Emporium Mall Pluit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com