Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Jalan di Jateng Lebih Mulus dari Jatim, Bahlil Sindir Tom Lembong, dan Dana Pembebasan Lahan Proyek Tol

Kompas.com - 25/01/2024, 08:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka, kompak menyindir soal kondisi jalan di Jawa Tengah (Jateng) rusak dan jelek.

Adapun Jokowi, mengatakan hal tersebut saat membagikan 3.000 sertifikat tanah kepada warga kepada warga di Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (23/01/2024)

Kepala Negara memang tidak menyebut secara spesifik jika jalan di Jateng rusak. Namun ia menyoroti bahwa ada satu ruas jalan di Jateng rusak berat sejak lama.

"Tadi pagi kita ngecek pembangunan perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang sudah bertahun-tahun enggak pernah beres-beres, benar?" ujarnya kepada warga dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Ia mengetahui hal itu karena setiap kali mau ke arah Randublatung dan Blora, Jawa Tengah, selalu menemukan jalan yang rusak.

Jalan tersebut cepat rusak dalam satu sampai dua tahun meski sudah diaspal karena pergerakan tanah yang dinamis.

Baca informasi lengkapnya di sini Jokowi-Gibran Sindir Jalan di Jateng Jelek, Faktanya: Lebih Mulus dari Jatim

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyindir Mantan Kepala BKPM Tom Lembong karena dirinya mendapatkan warisan investasi mangkrak sebesar Rp 708 triliun.

Sebelumnya, Tom Lembong menjabat sebagai Kepala BKPM pada periode Kabinet Indonesia Maju tahun 2016-2019.

"Saya masuk di BKPM bulan Oktober 2019, saya diwariskan oleh pemimpin terdahulu saya dengan investasi mangkrak Rp 708 triliun," ucap Bahlil dalam Konferensi Pers di Kantor BKPM Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Namun menurut Bahlil, investasi mangkrak tersebut mampu diatasinya hanya dalam waktu kurang dari 3 tahun.

"Alhamdulillah dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 tahun, investasi mangkrak bisa eksekusi Rp 558,7 triliun atau 78,9 persen," imbuh Bahlil.

Baca informasi lengkapnya di sini Bahlil Sindir Tom Lembong, Warisi Investasi Mangkrak Rp 708 Triliun

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mengucurkan APBN sebesar Rp 18,206 triliun untuk pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2023.

Dari jumlah itu, sektor yang paling banyak menghabiskan dana pengadaan tanah ialah proyek jalan tol dengan realisasi mencapai Rp 14,397 triliun.

"Penyaluran untuk sektor jalan tol itu meningkat 18 persen dibanding tahun 2022," ujar Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Rustanto dalam acara Taklimat Media LMAN 2024 pada Selasa (23/01/2024), dikutip dari kanal Youtube LMAN.

Dari beberapa PSN jalan tol, terdapat lima proyek yang menyerap dana pembebasan lahan paling banyak pada tahun 2023.

Menurut dia, yang pertama adalah proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo dengan realisasi sebesar Rp 3,407 triliun.

Baca informasi lengkapnya di sini Ini Lima Proyek Jalan Tol Paling Banyak Habiskan Dana Pembebasan Lahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com