Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.392 Bidang Tanah Dibebaskan demi Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Kompas.com - 08/01/2024, 16:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 4.392 bidang tanah dibebaskan untuk proyek pembangunan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor.

Hal itu merupakan peran dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Melalui rilis resminya, jumlah bidang tanah yang dibebaskan tersebut berada di Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan.

Di Kota Depok, sebanyak 4.338 bidang tanah dibebaskan dengan luas 144 hektar. Sementara di Kota Tangerang Selatan sejumlah 54 bidang tanah dengan luas 12,5 hektar.

Untuk itu, Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto diketahui turut mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (08/01/2024).

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Peresmian berlangsung di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Adapun panjang jalan tol tersebut mencapai 14,8 Km dengan total investasi sebesar Rp 4 triliun.

Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga: APBN Rp 7,7 Triliun Habis buat Bebaskan Lahan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Dengan beroperasinya jalan tol ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan jalan alternatif untuk menjalankan aktivitasnya.

Pada acara peresemian tersebut, Menteri Hadi didampingi Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan Kementerian ATR/BPN, Embun Sari. 

Kemudian Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Rudi Rubijaya; Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Indra Gunawan; dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, Shinta Purwitasari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com