Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Asia

Kompas.com - 07/01/2024, 15:49 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, Asia banyak dipilih menjadi destinasi wisata bagi sebagian besar pelancong dari Eropa dan Amerika.

Alasannya karena mayoritas kota-kota di Asia menawarkan biaya akomodasi dan kuliner yang terjangkau.

Namun Asia juga merupakan rumah bagi beberapa kota metropolitan dengan biaya hidup paling mahal di dunia berdasarkan Worldwide Cost of Living 2023 yang dirilis oleh dari Economist Intelligence Unit (EIU).

Seperti dikutip dari laman The Economist, untuk kesembilan kalinya dalam 11 tahun, Singapura menduduki puncak daftar sebagai tempat tinggal termahal.

Baca juga: Singapura dan Zurich Jadi Kota Termahal di Dunia

Pada tahun 2023, negara seluas 734,3 meter persegi ini berada di peringkat yang sama dengan kota Zurich, yang ada di Swiss.

Bila berdasarkan regional, Hong Kong adalah kota termahal kedua di Asia untuk ditempati. Bahkan kota ini ada di posisi kelima di dunia. Lihat perbandingan kota-kota lain di wilayah ini pada peta kami di bawah ini.

Setelah Hong Kong, di posisi ketiga ada Seoul. Kemudian menyusul Sydney dan Melbourne di posisi keempat dan kelima.

Meskipun ada beberapa kota yang mendapat peringkat tinggi, sebagian besar kota di Asia menjadi relatif lebih murah tahun ini. Tercatat 46 dari 58 kota mengalami penurunan peringkat.

Inflasi yang lebih rendah mengakibatkan adanya tindakan yang diambil oleh bank sentral, sehingga menurunkan tingkat apresiasi mata uang terhadap dolar di sebagian besar wilayah.

Kota-kota di China mengalami penurunan paling parah, rata-rata turun 19 peringkat, akibat pemulihan ekonomi yang sangat lemah pasca Pandemi Covid-19.

Baca juga: Singapura Masih Mendominasi Realisasi Investasi Asing di Batam

Tujuh kota yang masuk dalam daftar survei EIU di Australia dan Selandia Baru juga turun rata-rata 11 peringkat.

Kedua mata uang di negara tersebut terdepresiasi terhadap dolar, melebihi dampak inflasi yang lebih cepat.

Sementara itu, Tokyo dan Osaka, dua kota di Jepang yang termasuk dalam 20 kota termahal di dunia pada tahun 2021, terus merosot indeksnya, masing-masing ke peringkat 60 dan 70.

Hanya beberapa tempat di Asia yang relatif lebih mahal tahun ini. Dua kota di Korea Selatan, Seoul dan Busan, naik peringkatnya karena harga-harga di kota tersebut naik lebih cepat dibandingkan di New York.

Kota Bangkok, Thailand akhirnya berhasil bangkit kembali setelah keterpurukan di tahun 2022 berkat nilai mata uangnya yang lebih kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com