Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Akan Perbaiki Fasilitas Umum dan Rumah Rusak akibat Gempa di Sumedang

Kompas.com - 04/01/2024, 09:53 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan memperbaiki fasilitas umum hingg rumah warga yang rusak akibat gempa di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun telah meninjau lokasi terdampak bencana gempa pada Rabu (03/01/2024).

"Untuk fasilitas umum, saya kira RSUD dan SMAN 1 Sumedang, paling prioritas untuk segera kita tangani. Secara umum struktur masih oke, tapi ada beberapa retak sehingga akan kita lakukan retrofitting atau penguatan bangunan," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Basuki mengatakan, penanganannya bukan hanya memperbaiki yang retak-retak saja, tapi juga sekaligus meningkatkan estetika dan kualitas lingkungannya agar lebih baik.

"Perbaikan secepatnya minggu depan, karena banyak ruangan yang harus cepat ditangani seperti ruang operasi dan ruang cuci darah," imbuhnya.

Baca juga: Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak, Kementerian PUPR: Aman Dilalui

Sedangkan untuk rumah warga, berdasarkan laporan dari BPBD Jawa Barat dan Pj Gubernur Jawa Barat, sementara ini tidak ada yang perlu direlokasi.

Sedangkan untuk perbaikannya akan dilakukan berdasarkan tingkat kerusakannya.

"Rumah yang rusak berat, sedang, atau ringan, nanti pasti ada bantuan dari pemerintah sesuai kriteria kerusakannya. Terlapor sampai sekarang ada sekitar 1.100 rumah yang rusak, Kementerian PUPR saat ini sedang memverifikasi langsung bersama Dinas PUPR dan BNPB agar tidak ada rumah rusak yang terlewat," jelasnya.

Basuki juga memastikan bahwa infrastruktur-infrastruktur lain di antaranya Jalan Tol Cisumdawu, Bendungan Cipanas, Bendungan Sadawarna, serta Waduk Jatigede, telah diperiksa dan dinyatakan aman tanpa ada kerusakan akibat gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com