Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konglomerat Sukanto Tanoto Beli Hotel Mewah di China

Kompas.com - 03/01/2024, 19:26 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Konglomerat asal Indonesia, Sukanto Tanoto, dikabarkan telah membeli sebuah hotel mewah di Shanghai, China, dari pengembang Dalian Wanda Group.

Hotel bernama Wanda Reign on the Bund itu dibeli melalui Pacific Eagle Real Estate, perusahaan berbasis di Singapura yang merupakan bagian dari Royal Golden Eagle (RGE) Group milik Sukanto Tanoto.

"Sebagai investor jangka panjang, Pacific Eagle Real Estate mengakuisisi hotel Wanda Reign on the Bund untuk apresiasi modal," ujar juru bicara Pacific Eagle melalui email dikutip dari situs Forbes.

Nominal transaksi keuangan dari pembelian hotel 193 kamar dengan bangunan art deco bergaya barat ini tidak diungkapkan.

Kendati begitu, situs web real estat Mingtiandi melaporkan bahwa Pacific Eagle Real Estate bisa saja membayar sebanyak 1,7 miliar Yuan (240 juta Dollar AS) atau setara Rp 3,7 triliun.

Baca juga: Para Konglomerat Tanah Air Pemilik Properti Mewah

Untuk membangun hotel bintang tujuh yang dibuka pada Juni 2016 ini, Dalian Wanda Group disebut menghabiskan 3,4 miliar Yuan atau setara Rp 7,4 triliun.

Hal tersebut menjadikan Wanda Reign on the Bund sebagai hotel termahal yang pernah dibangun di China.

Ada pun dengan pembelian ini, Wanda Reign on the Bund akan menjadi investasi hotel kedua Pacific Eagle Real Estate setelah Mondrian Duxton di Singapura dengan 304 kamar yang dibuka pada Juli 2023.

Sebagai informasi, berdasarkan Forbes The Real-Time Billionaires List yang diakses pada Rabu (03/01/2024), Sukanto Tanoto termasuk orang terkaya nomor 12 di Indonesia dengan kekayaan mencapai 3,3 miliar dollar AS atau setara Rp 51,3 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com