Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beres Dibangun, 351 Unit Hunian bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

Kompas.com - 12/10/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan rumah khusus untuk masyarakat yang terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat, pada tahun 2022 lalu.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menerangkan, pihaknya berupaya agar proses penanganan pasca bencana alam bisa ditangani dengan cepat dan tepat dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

 

Hal itu diperlukan agar masyarakat terdampak bisa segera pindah dan tidak terlalu lama tinggal di hunian sementera.

"Kami berharap masyarakat yang direlokasi bisa merawat berbagai fasilitas yang ada dan menghuni rumah serta bangkit meningkatkan perekonomian bersama keluarganya," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, pada (12/10/2023).

Sementara itu, perwakilan dari Bagian Logistik PT Brantas Abipraya (Persero) Usman menambahkan, pihaknya kini telah menyelesaikan dua tahap pembangunan hunian relokasi bagi masyarakat terdampak gempa di Cianjur.

Yakni di Perumahan Bumi Sirnagalih Damai sebanyak 200 unit, dan Perumahan Vila Mande Lestari sebanyak 151 unit.

Baca juga: Cerita Bahagia Warga Korban Gempa Cianjur, Kini Tempati Rusus dari Pemerintah

"Fasilitas tempat ibadah, balai warga, jalan lingkungan, saluran air serta saluran air bersih PDAM dan penerangan jalan dengan solar cell sudah ada, dan seluruh unit sudah dihuni oleh warga yang telah didata oleh Pemda setempat," terang Usman.

Menurut dia, sejak awal pihaknya bersama Kementerian PUPR langsung bergerak cepat berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Cianjur untuk lokasi relokasi warga.

Setelah tempatnya ditetapkan maka proses pengukuran site plan dan desain serta pembangunan rumah pun segera dilaksanakan di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com