Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsional Tol Bangkinang-Koto Kampar Berakhir Rabu Ini Pukul 17.00 WIB

Kompas.com - 03/01/2024, 08:35 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan menutup kembali Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 Km pada Rabu (03/01/2024) pukul 17.00 WIB.

Sebelumnya, jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat ini telah dioperasikan fungsional untuk mendukung libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan, Tjahjo Purnomo mengatakan, beroperasi mulai 23 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024, Tol Bangkinang-Koto Kampar telah dilalui sebanyak 10.918 kendaraan.

Di samping itu, pihaknya juga tidak menerima adanya keluhan kepadatan dan fatalitas atau kecelakaan.

"Alhamdulillah selama beroperasi, pengguna jalan tol patuh dengan peraturan dan rambu-rambu yang berlaku, diperkirakan pengguna di daerah Riau ini sudah terbiasa dengan adanya tol mengingat sebelumnya Tol Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Bangkinang telah terlebih dahulu dioperasikan," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (02/01/2024).

Baca juga: Terowongan Kembar Tol Cisumdawu Retak, Kementerian PUPR: Aman Dilalui

Untuk selanjutnya, Hutama Karya berharap Tol Bangkinang-Koto Kampar dapat segera dioperasikan permanen agar kian mempermudah akses wisata ataupun logistik bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas antar provinsi.

Hal itu mengingat antusiasme yang tinggi dari pengguna jalan tol tersebut yang didominasi oleh kendaraan Golongan I (kendaraan pribadi).

"Saat ini kami masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR terkait dengan pengoperasian ruas ini. Nanti setelah SK tersebut keluar baru dapat secara resmi dioperasikan," tutup Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com