Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Kendaraan di 5 Jalan Tol Waskita Naik Saat Libur Natal 2023

Kompas.com - 29/12/2023, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPA.com - Lima ruas jalan tol milik anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk yakni PT Waskita Toll Road (WTR) berhasil mencatatkan peningkatan jumlah volume kendaraan selama periode libur Natal tahun 2023.

Ke lima ruas jalan tol tersebut masing-masing ruas tol Pemalang–Batang, Ruas Pasuruan– Probolinggo (Paspro), Ruas Kayuagung–Palembang–Betung (Kapal Betung), Ruas Krian– Legundi–Bunder–Manyar (Krian–Gresik) dan Ruas Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi).

Berdasarkan laporan lalu lintas harian rata–rata (LHR) periode 22 sampai 26 Desember 2023, ruas tol yang merupakan bagian dari Trans Jawa memiliki peningkatan LHR tertinggi, yaitu ruas tol Pemalang–Batang.

Ruas tol ini bahkan mengalami peningkatan LHR yang cukup signifikan yakni mencapai 109 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal. Selanjutnya ruas tol Paspro juga mencatatkan peningkatan LHR hingga 58 persen.

Baca juga: Hampir Separuh dari Total Kendaraan Keluar Jabotabek via Jalan Tol Menuju Trans-Jawa dan Bandung

Selain kedua ruas tol tersebut, ruas tol Krian–Gresik yang terkoneksi dengan Tol Trans Jawa juga mengalami peningkatan LHR sebesar 16 persen dibandingkan dengan LHR normal pada Desember 2023.

Sedangkan pada ruas tol Kapal Betung yang merupakan backbone Trans Sumatera turut mengalami peningkatan LHR secara signifikan sebesar 52 persen.

Ruas tol Bocimi yang berlokasi di Jawa Barat juga turut mencatatkan peningkatan LHR sebesar 31 persen dibandingkan volume lalu lintas normal.

VP Corporate Secretary Waskita Toll Road, Alex Siwu mengatakan peningkatan LHR tertinggi terjadi pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Baca juga: H-4 Natal 2023, Volume Kendaraan di Tol Luar Jawa Meningkat

Adapun selama libur Natal 2023 sejak 22 Desember hingga 26 Desember 2023, tercatat kendaraan yang melewati ruas tol Pemalang–Batang mencapai lebih dari 250.000 kendaraan. Sedangkan di ruas tol Paspro, tercatat lebih dari 125.000 kendaraan yang melintas.

Diperkirakan peningkatan jumlah kendaraan yang melintas akan terus terjadi hingga arus balik libur Tahun Baru 2024.

“Waskita Toll Road telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut hari libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan melakukan pemeliharaan dan peningkatan pelayanan jalan tol," jelas Alex.

Ia menambahkan, sejumlah persiapan yang telah dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik Waskita Toll Road seperti menempatkan petugas pelayanan di titik rawan kepadatan, menambah mobile reader di gerbang tol (GT), menyediakan top up standby dan kartu uang elektronik di gerbang tol.

Selain itu, juga telah dilakukan pembersihan jalan tol serta melakukan antisipasi genangan dan banjir dengan melakukan pembersihan saluran drainase dan memastikan tidak ada lubang di jalan tol.

“Di ruas tol Pemalang–Batang juga berlaku diskon tarif sebesar 10 persen saat arus balik Tahun Baru 2024 tepatnya di tanggal 3 Januari 2024,” tutup Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com