Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Lima Hari, Tol Kartasura-Karanganom Dilintasi 55.466 Kendaraan

Kompas.com - 27/12/2023, 20:40 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat sebanyak 55.466 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Segmen Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km.

Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama lima hari pada H-3 sampai H+1 (22-26 Desember 2023) Natal 2023 yang beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans-Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

"Hingga saat ini volume lalu lintas tertinggi tercatat pada Minggu (24/12/2023) dengan 12.142 kendaraan dengan peningkatan tertinggi ke arah Jogja sebesar 862 kendaraan per jam yang terjadi pada pukul 08.00-09.00 WIB," ujar Direktur Utama PT JMJ, Suchandra P Hutabarat dalam keterangan tertulis Rabu (27/12/2023).

PT JMJ optimistis kendaraan yang melewati jalur fungsional Tol Kartasura-Karanganom masih akan terus meningkat.

Tidak hanya dioperasikan pada periode arus mudik, ruas tol ini juga akan mendukung arus balik yang dijadwalkan pada 1-3 Januari 2024 secara satu arah dari Jogja ke Solo pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Nantinya jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans-Jawa).

"Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans-Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu,’" tambahnya.

Baca juga: MTI Dukung Pengadaan Transaksi Tol Non-Tunai Nirsentuh

Di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting.

Pada momen libur Natal dan tahun baru ini, PT JMJ telah menyiagakan sarana parasarana dan fasilitas pendukung untuk menunjang operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo.

Salah satunya nmenyediakan Pos Layanan Informasi Siaga di STA 13+ 00 dan posko petugas yang disiagakan di beberapa titik rawan kepadatan.

Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat, kami menyediakan Mobile Customer Service (MCS), ambulance, BBM mobile, toilet portable serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat.

"Selain itu, kami juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah, dan Traffic Light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APPIL) yang berada di jalan nasional di depan akses Banyudono dan di jalan nasional di depan akses Karanganom," tutup Suchandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com