Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capaian Sertifikasi Tanah Wakaf di Jatim Tertinggi Se-Indonesia

Kompas.com - 27/12/2023, 18:25 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Capaian sertifikasi tanah wakaf di Jawa Timur (Jatim) merupakan yang tertinggi dibandingkan wilayah lain pada tahun 2023.

Berdasarkan data Kementerian ATR/BPN, penyertifikatan tanah wakaf di Jatim pada tahun 2023 totalnya mencapai 10.196 bidang.

Hal itupun mendapat apresiasi dari Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 5.000 sertifikat tanah masyarakat Jatim di Sidoarjo pada Rabu (27/12/2023).

"Jawa Timur ini memang luar biasa untuk (penyertifikatan) tanah wakaf cepat sekali. Rumahnya belum dapat sertifikat, sudah ngurus wakaf, ya memang ngurus suwargo (surga) dulu," jelasnya.

Baca juga: Tahun 2025, Seluruh Bidang Tanah di Indonesia Sudah Bersertifikat

Namun demikian, Hadi terus membuka pintu bagi masyarakat di Jatim yang hendak mensertifikatkan tanah wakafnya.

"Untuk itu, apabila di sini ada yang ingin menyelesaikan tanah-tanah wakaf, kami persilahkan, langsung menghubungi Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) nya masing-masing," tutupnya.

Secara keseluruhan, hingga saat ini jumlah tanah wakaf yang telah tersertifikasi sebanyak 23.000 hektare atau 242.201 bidang dari total 460.000 bidang di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, pada momen penyerahan sertifikat tanah di Sidoarjo, Presiden Jokowi dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto telah menyerahkan 1.000 sertifikat tanah wakaf dari sejumlah kabupaten/kota di Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com