BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Mengulik Konsep Kawasan Industri di Cikarang yang Terintegrasi dengan Kota Mandiri

Kompas.com - 06/12/2023, 17:50 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah kawasan industri di Tanah Air terus menata diri menjadi area yang layak huni. Mengusung konsep baru yang lebih modern dan terintegrasi, kawasan industri hadir dengan wajah anyar untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Langkah tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah untuk mematahkan stigma yang kerap dilekatkan sebagai kawasan gersang, berpolusi tinggi, dan macet. Selama bertahun-tahun, pandangan tersebut melekat di benak masyarakat. Karena itu, tak sedikit orang memilih tinggal di tempat yang agak jauh dari kawasan industri.

Adapun salah satu kawasan industri di Tanah Air yang getol merias diri menjadi kawasan apik layak huni adalah Cikarang. Sebelumnya, Cikarang merupakan kawasan tandus yang berbukit.

Namun, Ibu Kota Kabupaten Bekasi itu kini menjelma menjadi perkotaan yang hijau dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Terletak di tempat strategis antara Jakarta dan Jawa Barat (Jabar), Cikarang bahkan mampu menarik pelaku ekonomi untuk berinvestasi. Perusahaan serta pabrik dari luar negeri pun tumbuh di kawasan tersebut sehingga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Angkat Kisah Menyentuh tentang Keluarga, Sinar Mas Land Rilis Web Series Perdana “Ruang Rindu”

Untuk diketahui, kawasan industri Cikarang kini dikembangkan dengan berbagai kelengkapan, mulai dari infrastruktur, area bisnis, hingga kompleks hunian.

Dari aspek infrastruktur misalnya, Cikarang kian memiliki aksesibilitas mudah. Sebagai contoh, Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated atau Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ), Becakayu, Sunter-Pulo Gebang, Cikampek Selatan/Cikampek II, dan Jakarta Outer Ring Road/JORR 2.

Selain itu, kawasan industri Cikarang juga dilengkapi dengan kereta api double-double track (Manggarai-Cikarang), Pelabuhan Patimban, serta dekat dengan Bandar Udara Kertajati Sejumlah proyek anyar pun hadir untuk memudahkan warga dalam bermobilitas ke pusat kota, seperti light rapid transit (LRT) Cawang-Bekasi-Cikarang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), serta rencana pembangunan MRT Cikarang-Balaraja.

Integrasi dengan kota mandiri

Seiring dengan potensi serta kemajuan Cikarang yang kian progresif, Sinar Mas Land juga turut andil mengubah wajah kawasan ini menjadi semakin hijau dan modern. Hal ini diwujudkan Sinar Mas Land dengan menghadirkan kota mandiri bernama Kota Deltamas.

Untuk diketahui, Kota Deltamas merupakan sebuah kawasan terpadu modern berbasis industri kelas internasional yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land bersama perusahaan kenamaan asal Jepang, Sojitz Corporation.

Baca juga: Minat Memiliki Hunian di Kalangan Milenial dan Gen Z Meningkat, Pilih Rumah atau Apartemen?

Kota terpadu modern dengan luas area 3.200 hektare (ha) itu memadukan kawasan komersial, industrial, hunian, dan pusat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Dilengkapi fasilitas dan infrastruktur modern, Kota Deltamas hadir untuk menunjang gaya hidup mandiri.

Kota Deltamas sendiri dirancang secara matang oleh Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation. Kawasan ini ditata rapi dengan pembagian area per kawasan yang demikian apik. Setiap kawasan memiliki fungsi dan peranan masing-masing sesuai peruntukannya.

Adapun kawasan komersial didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Deltamas, baik barang maupun jasa. Kawasan komersial tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu main boulevard di pinggir jalan utama, artery boulevard di dalam lingkar distrik atau hunian, dan community yang terletak di antara kluster.

Adapun kluster komersial tersebut terdiri dari Porto Square, Pasar Modern Al-Hambra, Greenland Square, Redwood, Spanish Square, dan Boulevard Fresno. Sementara, kawasan industrial dibangun khusus sebagai tempat pemusatan kegiatan usaha atau produksi berbagai produk oleh perusahaan-perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Terdapat 90 perusahaan dari berbagai jenis usaha beroperasi di Kota Deltamas, mulai dari industri pangan, plastic molding, chemical, hingga automotive parts. Sebut saja Suzuki, Wuling Motors, Astra Honda Motors, Mitsubishi Motors, dan Kalbe Group yang memiliki pabrik di kawasan Cikarang.

Baca juga: Masih jadi Primadona, Ini Karakteristik Rumah Tapak yang Jadi Idaman Milenial

Tidak hanya itu, Kota Deltamas juga sudah menerapkan konsep rental factory, yakni standar factory building ramah lingkungan serta didukung dengan pusat makanan di Sentra Niaga.

Selain itu, ada pula Greenland International Industrial Center (GIIC) bagi para investor yang ingin berinvestasi di kawasan industri Cikarang. Untuk diketahui, GIIC adalah kawasan industri terbesar di Indonesia seluas 1.500 ha yang berlokasi di Deltamas. Sesuai namanya, GIIC merupakan pusat industri bertaraf internasional yang ramah lingkungan, atau disebut juga green industrial area.

Sebagai kawasan industri ramah lingkungan, seluruh tenant di GIIC maupun Kota Deltamas secara keseluruhan diwajibkan untuk mengontrol polusi udara dan suara yang dihasilkan. Proses ini dipantau oleh pihak Kota Deltamas sejak produksi hingga material dan bahan bakar. Penggunaan batu bara pun tidak diizinkan di kawasan industri Kota Deltamas.Dok. Sinar Mas Land Sebagai kawasan industri ramah lingkungan, seluruh tenant di GIIC maupun Kota Deltamas secara keseluruhan diwajibkan untuk mengontrol polusi udara dan suara yang dihasilkan. Proses ini dipantau oleh pihak Kota Deltamas sejak produksi hingga material dan bahan bakar. Penggunaan batu bara pun tidak diizinkan di kawasan industri Kota Deltamas.

Dikembangkan oleh perusahaan dari Jepang dan Sinar Mas Land yang berkomitmen melestarikan alam dalam kawasan pengembangannya, GIIC merupakan salah satu produk industrial berkonsep hijau dan ramah lingkungan.

Oleh karena itu, tak heran GIIC diminati oleh para investor asing, terutama yang berasal dari Jepang.

Sebagai kawasan industri ramah lingkungan, seluruh tenant di GIIC maupun Kota Deltamas secara keseluruhan diwajibkan untuk mengontrol polusi udara dan suara yang dihasilkan. Proses ini dipantau oleh pihak Kota Deltamas sejak produksi hingga material dan bahan bakar. Penggunaan batu bara pun tidak diizinkan di kawasan industri Kota Deltamas.

Baca juga: Generasi Muda Dukung Gaya Hidup Berkelanjutan, Ini Faktor Pertimbangan Memilih Hunian

Guna mengimplementasikan konsep industri ramah lingkungan dan pelestarian alam, aksi penghijauan juga dilakukan di seluruh area kawasan industri Kota Deltamas. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan danau seluas 11 ha. Selain itu, perangkat listrik yang digunakan hemat energi dengan penggunaan lampu LED dan lampu penerangan jalan umum (PJU) hybrid dengan solar panel.

Hunian modern

Kemudian, kawasan hunian di Kota Deltamas dibangun guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mewujudkan hunian yang nyaman dan aman dengan mengusung konsep hunian modern.

Fasilitas kawasan hunian di Kota Deltamas pun dilengkapi beragam sarana dan prasarana memadai untuk memudahkan penghuni di kawasan ini.

Saat ini, Kota Deltamas memiliki 16 kluster hunian. Tiga di antaranya adalah Naraya Park, De Silva, dan Woodchester.

Adapun hunian di Woodchester dibangun dengan konsep desain stylish serta mengedepankan aspek ecofriendly hemat energi. Rumah di cluster ini memiliki desain simpel, luas, alami, dan berkarakter.

Baca juga: Resmi Jadi KEK Digital, Ini 4 Kelebihan Nongsa untuk Investasi Properti

Untuk diketahui, cluster Woodchester dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan penghuni yang menginginkan rumah dengan tampilan minimalis tapi tetap mengedepankan ruang yang luas dan nyaman.

Desain hunian yang dikembangkan Sinar Mas Land.Dok Sinar Mas Land Desain hunian yang dikembangkan Sinar Mas Land.

Meski minimalis, facade yang ditampilkan tetap memiliki kesan artistik nan elegan. Hunian ini dirancang dengan konsep ramah lingkungan, di mana setiap ruangan memiliki sumber pencahayaan dan udara masing-masing. Hal itu sesuai dengan komitmen Sinar Mas Land untuk membangun green building dan menerapkan green architecture dalam setiap produk propertinya.

Woodchester memiliki 2 tipe, yaitu tipe 68/84 dengan luas tanah 6x14 meter dan 2 kamar tidur (KT). Tipe kedua yaitu tipe 89/98 memiliki luas tanah 7x14 meter dan 3 KT. Masing-masing tipe terdiri dari dua lantai dan sudah lengkap dan jelas pemisahan antara ruang publik, ruang privat, dan ruang servis sehingga Woodchester dapat langsung dihuni oleh para pembeli.

Lokasi Woodchester tepat bersebelahan dengan fasilitas districk, yaitu sport club sehingga memberikan nilai lebih bagi yang tinggal di kluster ini. Club house ini dilengkapi dengan sport outdoor field dan children playground yang dapat digunakan seluruh penghuni.

Selain itu, cluster Woodchester juga akan dilengkapi dengan fasilitas, seperti taman, jogging track, playground outdoor, dan penjagaan keamanan 24 jam.

Baca juga: Mengenal Lifestyle Commercial Center, Penunjang Gaya Hidup Modern di Township

Penataan site plan pun dirancang dengan sangat matang sehingga tidak ada rumah yang terkena langsung dengan jalan (tusuk sate).

Selain itu, di dalam kluster tersebut setiap unit menghadap ke utara dan selatan. Spesifikasi bangunan klaser tersebut dibangun dengan pondasi mini pile dengan rangka atap baja ringan dan penutup atap genteng beton flat berwarna.

Jenis penutup lantai untuk ruang utama yang digunakan adalah 60x60 cm Homogeneous Tile. Sedangkan untuk setiap kamar tidur jenis penutup lantai yang digunakan Wood-effect Homogeneous Tile.

Dibanderol mulai dari Rp 1,2 M, setiap unit rumah di cluster Woodchester juga memiliki ruang terbuka dengan fitur hemat energi sebagai aplikasi konsep ramah lingkungan.

Untuk melengkapi konsep hunian ecofriendly, cluster Woodchester menyediakan banyak ruang terbuka hijau (RTH). Fasilitas ini menghadirkan lingkungan yang berkualitas dan sehat bagi setiap penghuni. Aksesibilitas Woodchester pun terbilang mudah karena memiliki akses langsung Tol Jakarta-Cikampek KM 37 dari Kota Deltamas.

Baca juga: Punya Daya Tarik Tersendiri, Ini Alasan Tinggal di Kota Mandiri Jadi Pilihan Tepat

Fasilitas lain juga tersedia di Kota Deltamas untuk menunjang kebutuhan masyarakat, seperti hotel, apartemen, pusat kesehatan, pendidikan, dan aksesibilitas transportasi publik.

Berkat deretan fasilitas tersebut, Kota Deltamas menjadi wajah baru kawasan industri yang terintegrasi dengan kawasan hunian modern. Bagaimana, tertarik memiliki hunian serta berinvestasi di Kota Deltamas di Cikarang?

Untuk memudahkan calon pembeli membeli properti di Kota Deltamas, Sinar Mas Land memberi kemudahan pembayaran melalui beberapa bank terkemuka, seperti BCA, CIMB Niaga, Permata, Maybank, Panin, BTN, BSI, BNI, dan Sinarmas.

Bukan hanya itu, Sinar Mas Land juga memberi berbagai keuntungan untuk pembelian properti idaman, seperti DP dibayarin s.d 15 persen dan cashback ratusan juta melalui program Smart Move! Jangan sampai ketinggalan karena Smart Move telah memasuki fase terakhir yang hanya berlaku hingga 31 Desember 2023!

Segera lakukan deal secepatnya selama periode promo untuk mendapatkan tambahan keringanan.

Baca juga: Menelisik Desain Interior Rumah Bergaya Asia yang Sedang Tren

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda dapat mengakses situs web Sinar Mas Land atau menghubungi call center 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com