Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Hutama Karya Dapat Dua Proyek Baru di IKN

Kompas.com - 18/11/2023, 11:24 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) kembali mengantongi dua kontrak proyek pembangunan infrastruktur baru di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dua proyek baru itu ialah konstruksi Sarana Prasarana Pemerintahan IB dan Jaringan Perpipaan Air Limbah 1 dan 3 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kegiatan penandatanganan kontrak kedua proyek tersebut juga telah dilaksanakan, pada Selasa (14/11/2023) dan Rabu (15/11/2023).

Dengan demikian, portofolio Hutama Karya dalam pembangunan infrastruktur di IKN bertambah menjadi enam proyek.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyampaikan, dua kontrak proyek ini berasal dari segmen gedung dan sanitasi.

"Untuk pembangunan Sarana Prasarana Pemerintahan IB ini merupakan pembangunan terintegrasi yang akan menunjang Kawasan Istana Kepresidenan, sementara proyek Jaringan Perpipaan Air Limbah 1 dan 3 KIPP IKN ini singkatnya berfungsi untuk mengalirkan limbah ke tempat pemrosesan dengan efisien," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Lantas, berapa nilai kedua proyek baru garapan Hutama Karya tersebut? Baca selengkapnya di sini Hutama Karya Dapat Dua Proyek Baru di IKN, Nilainya Rp 1,1 Triliun

Terdapat kesenjangan tentang kepemilikan properti antara generasi Boomer dengan Milenial dan Z.

Generasi Milenial dan Z masih banyak yang belum memiliki rumah sendiri. Sementara Boomer justru dikenal gemar menimbun properti.

Baik itu menimbun properti untuk investasi maupun agar bisa diberikan kepada anak dan cucunya kelak.

Sebagai informasi, mengutip dari Badan Pusat Statistik (BPS), generasi Boomer adalah penduduk yang lahir tahun 1946-1964.

Sementara generasi Milenial ialah penduduk yang lahir tahun 1981-1996, dan generasi Z adalah penduduk yang lahir tahun 1997-2012.

Mengenai fenomena itu, Praktisi Properti sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya membenarkan bahwa generasi Boomer punya kecenderungan menginvestasikan penghasilannya untuk membeli properti.

Baca informasi lengkapnya di sini Tak Seperti Milenial dan Z, Nih Alasan Boomer Bisa Nimbun Properti

Perjalanan pembangunan infrastruktur di Indonesia tak bisa lepas dari hasil kerja sama dengan Pemerintah Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com