Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) resmi bekerja sama dengan Microsoft. Kolaborasi ini dikukuhkan pada Selasa (14/11/2023) di San Francisco, Amerika Serikat.

Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen OIKN untuk membangun kota pintar atau smart city sebagaimana konsep pengembangan IKN.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, kerja sama dengan perusahaan-perusahaan penyedia teknologi digital adalah langkah yang patut diapresiasi.

"Kami sangat berterima kasih dengan kolaborasi yang terjadi untuk membangun IKN Nusantara," kata Bambang, dikutip dari keterangan resmi.

Tak hanya dengan Microsoft, sejumlah perusahaan penyedia teknologi lain juga telah meneken kerja sama dengan IKN.

Sebelumnya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) telah dilakukan dengan Cisco, ESRI dan Autodesk. Penjajakan turut dilakukan dengan raksasa industri digital dunia yaitu Meta yang berlangsung di Kantor Meta di Amerika Serikat.

Baca juga: Tol IKN Senilai Rp 5,6 Triliun Dilelang

Regional Vice President & Chief Legal Counsel Asia Corporate External & Legal Affair Microsoft Mike Yeh menegaskan, pihaknya siap mendukung persiapan dan perencanaan digital yang dilakukan di IKN.

Selama ini, Microsoft menerapkan nilai tanggung jawab, keterlibatan semua pihak, dan keberlanjutan dalam pengembangan teknologi digital.

Dengan penerapan teknologi digital ini, IKN bisa menjadi kawasan terpadu masa depan. Ke depan Microsoft akan mempelajari lebih lanjut apa yang akan bisa diterapkan di IKN.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini, kita punya kerangka kerja yang sama," tutur Mike.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com