Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Kontrak Baru, Adhi Karya Garap Proyek PLTMG di Sumbawa dan Tobelo

Kompas.com - 14/11/2023, 09:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah menandatangani dua kontrak baru pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dan di Tobelo, Maluku Utara, dengan total nilai porsi ADHI sekitar Rp 701,1 miliar.

Dalam pembangunan ini ADHI menggandeng salah satu perusahaan asal Korea Selatan, Korea Electric Power Corporation Engineering & Construction Company, Inc. (KEPCO) dengan membentuk konsorsium dengan skema kerjasama operasi (KSO).

Untuk PLTMG Tobelo 30 MW sebesar 52,8% porsi ADHI dan 47,2% porsi KEPCO. Sedangkan untuk proyek PLTMG Sumbawa 30 MW porsi ADHI 50,1% dan porsi KEPCO 49,9%.

"Rencana pembangunannya akan dimulai pada akhir tahun 2023," ujar Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Farid Budiyanto dikutip dari laman Keterbukaan Informasi Publik BEI pada Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Bendungan Sepaku Semoi di IKN Bakal Dilengkapi PLTS

Ada pun penandatanganan kontrak dua proyek ini dilakukan oleh Direktur Utama ADHI Entus Asnawi Mukhson, CEO KEPCO Sung Arm Kim, bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Kegiatan ini disaksikan juga oleh Direktur Utama PT Bagus Karya Henry Kurli, Direktur Utama Jiangxi Jiusheng International Electric Power Engineering Co., Ltd. Li Guofan, dan Executive Senior Vice President KEPCO Il Bae Kim.

Kerja sama proyek ini juga selaras dengan arahan dari Kementerian ESDM untuk mengurangi pembangkit listrik berbahan bakar batu bara, sehingga salah satu alternatifnya adalah dengan membuat pembangkit listrik berbahan bakar gas.

"Sebagai bagian dari upaya transisi energi, penggunaan gas juga digunakan untuk mengurangi produksi CO2 dan memastikan prinsip environmental sustainability bagi generasi mendatang," tutup Farid Budiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com