Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rusus Dibangun untuk TNI AL yang Bertugas di Ambon

Kompas.com - 26/10/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama-sama membangun 10 unit rumah khusus (rusus) untuk anggota TNI yang bertugas di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon.

Nantinya, rusus tersebut bisa menjadi tempat tinggal bagi TNI AL sehingga dapat fokus bertugas menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto memastikan hal ini dalam rilis, Rabu (26/10/2023).

“Kami siap bersinergi dengan berbagai pihak termasuk TNI untuk mensukseskan program perumahan di Indonesia. Kami juga ingin anggota TNI bisa tinggal di rumah yang layak huni,” terang Iwan.

Berdasarkan Permen PUPR Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rusus, pembangunannya berbentuk rumah tunggal dan rumah deret dengan tipologi berupa tapak atau panggung berserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU).

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Maluku Pither Pakabu menerangkan, pihaknya telah bersinergi bersama dalam penyelesaian pekerjaan rusus TNI AL ini.

Baca juga: Rumah Direnovasi TNI AL, Kakak Beradik Bersyukur Tak Lagi Kebocoran

"Kami ucapkan terima kasih atas sinergitas yang telah terjalin dalam penyelesaian pekerjaan Operasi, Pemeliharaan, Optimalisasi dan Rehabilitasi (OPOR) rusus Lantamal IX Ambon ini. Kami berharap setelah pekerjaan ini selesai, bisa diserahterimakan kepada Lantamal IX Ambon dan dilanjutkan dengan proses penghunian oleh TNI,” tambah dia.

Sementara itu, Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Waaslog Kasal) Laksamana Pertama TNI Maman Rohman memberikan apresiasi atas dukungan Kementerian PUPR terhadap hunian TNI di Ambon.

Dirinya didampingi Balai P2P Maluku juga turun langsung ke lapangan guna melihat kondisi terkini progres fisik bangunan rumah khusus yang hampir selesai pengerjaannya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Ditjen Perumahan Kementerian PUPR yang melaksanakan pengerjaan rusus bagi TNI AL ini. Kami harap rusus ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penghuni," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com