Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 13:51 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah mendampingi kunjungan delegasi Japan International Cooperation Agency (JICA) dan perwakilan Pemerintah Kota Yokohama, Jepang, untuk meninjau kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Selasa (24/10/2023).

Kegiatan itu diselenggarakan atas kerjasama antara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan Badan Otorita IKN, serta sebagai tindak lanjut atas ketertarikan dari para investor Singapura untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN.

Dikutip dari laman Kementerian PUPR, kunjungan diawali dengan meninjau Rumah Teknologi Nusantara menuju Titik Nol IKN Nusantara yang menjadi referensi lokasi pembangunan berbagai infrastruktur di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Selanjutnya, rombongan mengunjungi Rumah Tapak Menteri, dan Menara Pandang Jalan Sumbu Kebangsaan Barat untuk melihat progres pembangunan Kawasan Istana Kepresidenan.

"Saat ini kami fokus pada pembangunan infrastruktur dasar yang ditargetkan selesai 2024, selanjutnya akan terus secara bertahap," kata Kasi Pelaksanaan Wilayah II, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Alfrits Steeve Willy Makalew.

Baca juga: Siap-siap, 10 Perusahaan Susul Groundbreaking di IKN 1 November

Berdasarkan data Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN hingga 19 Oktober 2023, progres fisik batch 1 yang dimulai sejak 2020 sebanyak 40 paket pekerjaan sebesar 55,89%, dan batch 2 dimulai sejak Maret 2023 sebanyak 42 paket sebesar 1,14%.

Dengan demikian, total progres pekerjaan fisik secara keseluruhan 82 paket sebesar 22,16%.

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

Salah satunya Bendungan Sepaku Semoi dengan progres 98,12% dan telah dilakukan pengisian air awal (impounding) serta pembangunan Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek dengan target selesai Juli 2024.

Selain itu, Kementerian PUPR juga sedang menyelesaikan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN untuk mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN yang saat ini sekitar 2 jam.

Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sehingga nanti setelah tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

Pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah berjalan ada tiga seksi, dan semuanya ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2024. 

Meliputi, Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 26,4%, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung 7,3 km dengan progres 40,2%, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang 6,7 km dengan progres 60,2%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com