Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

669 Rumah Subsidi di Gorontalo Dapat Bantuan Jalan Lingkungan

Kompas.com - 24/10/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 669 unit rumah subsidi di Provinsi Gorontalo akan mendapatkan bantuan pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, PSU tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas rumah bersubsidi sekaligus mendorong pengembang untuk membangun perumahan bersubsidi untuk masyarakat.

Selain itu, PSU sebagai stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), serta upaya pemerintah dalam rangka pencapaian target Program Sejuta Rumah (PSR).

"Program pembangunan PSU untuk rumah bersubsidi ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan rumah layak huni dan berkualitas bagi MBR,” ujar Iwan dikutip dari siaran pers, Senin (24/10/2023).

Baca juga: Dikasih Bantuan PSU, Ini Cerita Pengembang dan Konsumen Rumah Subsidi

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur menjelaskan, bantuan pembangunan PSU diperuntukkan bagi perumahan skala besar dan selain skala besar.

"Kami ingin rumah bersubsidi ini memiliki kualitas yang baik sehingga MBR bisa tinggal dengan aman dan nyaman,” kata Fitrah menambahkan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Recky Walter Lahope mengatakan, pada tahun 2023 sedang berlangsung pembangunan bantuan PSU di Provinsi Gorontalo berupa jalan lingkungan di dalam perumahan subsidi yang dibangun oleh sejumlah pengembang.

Berdasarkan data Balai P2P Sulawesi I, dari proses pengusulan bantuan PSU di Gorontalo hingga saat ini terdapat 9 lokasi perumahan dengan total jumlah bantuan PSU sebanyak 669 unit yang sudah terverifikasi melalui aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU).

Pelaksanaan pembangunan PSU tersebar di Kota Gorontalo sebanyak 79 unit dan Kabupaten Gorontalo sebanyak 590 unit.

“Kami harap melalui bantuan PSU ini lebih banyak lagi rumah subsidi yang dibangun oleh pengembang,” tuntasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com