Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Akses Utama Trans-Sulawesi, Jalan Bypass Lasusua Kelar Akhir 2023

Kompas.com - 23/10/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang memperbaiki Jalan Bypass Lasusua sepanjang 10,33 km yang berada di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rincian penanganan Jalan Bypas Lasusua pada TA 2023 meliputi Ruas Bypass Lasusua-Tobaku sepanjang 8,02 km, Ruas Pantai-Jalan DPRD II (Jalan Jalur II) sepanjang 1,56 km, dan Jalan DPRD II-Jalan Watuliwu sepanjang 0,75 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Bypass Lasusua-Tobaku telah diusulkan oleh pemerintah daerah untuk menjadi jalan nasional dan saat ini tengah ditangani oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara, Direktorat Jenderal Bina Marga.

"Untuk kerusakan jalan di Bypass Pantai Lasusua sudah ditangani, dan mudah-mudahan akhir 2023 sudah selesai," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (23/10/2023).

Baca juga: Proyek Jalan Nanga Era-Batas Kaltim Kelar Mei 2024

Pemerintah daerah juga menambahkan usulan penanganan jalan provinsi yang rusak berat di Kecamatan Porehu, Kabupaten Kolaka Utara, dengan panjang sekitar 9 km.

Jalan tersebut juga merupakan salah satu penghubung antara Kabupaten Kolaka Utara dan Luwu Timur.

"Nanti penanganannya masuk ke dalam program Inpres Jalan Daerah (IJD) yang sudah dimulai pada tahun 2023. Tahun depan akan dianggarkan sekitar Rp 15 triliun untuk IJD dan salah satu yang nanti akan ditangani juga di Kecamatan Porehu," tandasnya.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Tenggara Freddy Siagian mengatakan, Jalan Bypass Lasusua-Tobaku merupakan akses utama bagi pengguna jalan Trans-Sulawesi.

Jalan ini bermanfaat untuk memperlancar arus logistik dari Pelabuhan Tobaku menuju Lasusua serta membuka pengembangan sektor perekonomian di Kabupaten Kolaka Utara.

"Penanganan Jalan Bypass Lasusua-Tobaku dilaksanakan pada Oktober 2023 dan ditargetkan selesai pada Desember 2023. Total anggarannya sebesar Rp 807 juta. Dan pada TA 2024, Kementerian PUPR juga akan melakukan penggantian Jembatan Bypass Lasusua III sepanjang 7,8 meter dengan anggaran sebesar Rp 7,4 miliar," pungkas Freddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com