Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penataan Jalur Pedestrian Jalan Blora Kelar November 2023

Kompas.com - 14/10/2023, 17:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penataan Jalan Blora yang dimulai pada Agustus 2023 ditargetkan beres dan bisa dialihfungsikan menjadi jalur pedestrian pada pertengahan November 2023.

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, Sabtu (14/10/2023), penataan jalan sepanjang 152 meter tersebut dilakukan untuk menghadirkan infrastruktur transit yang aman dan nyaman bagi pengguna transportasi publik.

Adapun Jalan Blora berada di sebelah Stasiun KRL Sudirman dan Stasiun MRT Dukuh Atas yang ramai pengguna.

Sebagai infrastruktur pejalan kaki, Jalan Blora akan dilengkapi dengan 18 unit lampu pejalan kaki, 6 unit lampu penerangan jalan, hingga akses pemeliharaan utilitas bawah tanah.

Proyek ini juga mencakup penertiban kabel-kabel yang selama ini menggantung tidak teratur di udara.

Desain penataan kawasan juga mempertimbangkan beragam aspek sosial yang mengusung konsep shared street.

Baca juga: Stasiun MRT Mangga Besar dan Sawah Besar Disebut Terunik, Mengapa?

Oleh karena itu, akan tersedia area khusus wisata kuliner, area berjalan yang dilengkapi dengan blok taktil, dan akses kendaraan tertentu seperti pemadam kebakaran atau ambulans.

Kawasan ini akan hijau oleh pepohonan yang memberikan keteduhan dan rindang sebagai tempat beristirahat saat transit dan mendorong orang untuk berjalan kaki dari dan menuju destinasi lokal.

Planter box dibangun di sejumlah titik di sepanjang area trotoar ini dapat digunakan sebagai tempat istirahat sementara.

Sebagai informasi, penataan ini merupakan bagian dari pembangunan kawasan Dukuh Atas sebagai pionir pengembangan kawasan berorientasi transit di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com