Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Neo Soho Mall Rp 1,4 Triliun, Agung Podomoro Bayar Sebagian Utang

Kompas.com - 27/09/2023, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

 KOMPAS.com - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melalui PT Tiara Metropolitan Indah (TMI), anak usaha terkendali APLN, telah melakukan penjualan aset Neo Soho Mall di Jakarta, kepada PT NSM Assets Indonesia (NSMAI), pada Selasa (26/09/2023).

Penjualan properti tersebut mencakup 152 Sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS) atas unit-unit mal dengan harga Rp 1,44 triliun (termasuk PPN) yang merupakan nilai pasar yang wajar.

"Transaksi penjualan Neo Soho Mall ini merupakan bagian strategi jangka panjang perusahaan untuk memperkuat bisnis," ujar Corporate Secretary APLN Justini Omas dalam keterangan resmi.

Baca juga: Semester I-2023 Agung Podomoro Cetak Penjualan Rp 1,87 Triliun

Ada pun dana yang diterima TMI dari NSMAI atas transaksi penjualan tersebut, sebagian akan digunakan oleh TMI untuk melakukan penyertaan saham baru (saham seri B) dalam NSMAI yang akan mewakili 28,58% dari seluruh modal yang telah diterbitkan dan disetor penuh dalam NSMAI.

Dengan demikian NSMAI akan dimiliki oleh NSM Asset Japan LLC (NSMAJ) dan TMI dengan kepemilikan saham masing-masing sebesar 71,42% dan 28,58%.

NSMAJ dimiliki secara langsung oleh Hankyu Hanshin Properties Corporation (HHP) Jepang, yang sebelumnya telah membangun kemitraan strategis dengan APLN melalui transaksi penjualan Central Park Mall pada tahun 2022.

Menurut Justini, selain meningkatkan kemitraan strategis dengan HHP, yang merupakan perusahaan serta investor properti kelas dunia, penjualan Neo Soho Mall memungkinkan APLN untuk membayar sebagian utang bank.

"Selain sebagian dana hasil penjualan Neo Soho Mall dipakai untuk investasi kepemilikan 28,58% saham di NSMAI, sisanya sekitar Rp 850 miliar, seluruhnya digunakan untuk melunasi sebagian pinjaman APLN kepada Bank Danamon," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com