Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah di Lima Kecamatan Bekasi Paling Banyak Dicari

Kompas.com - 20/09/2023, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima kecamatan menjadi yang terpopuler dalam hal pencarian hunian di Bekasi.

Kelima kecamatan yang dimaksud adalah Medan Satria yang dicari sebanyak 11,8 persen, Pondok Gede 11 persen, serta Bekasi Barat, Jatiasih, dan Bekasi Utara, masing-masing 8,3 persen, 8,1 persen, dan Bekasi Utara 6,8 persen.

Informasi ini sebagaimana dikutip Kompas.com dari Flash Report Rumah123 bulan September 2023, Selasa (19/9/2023).

Business Improvement General Manager 99 Group Indonesia Shafirra Shikka Larasati pun membeberkan alasan dibalik itu.

Baca juga: Hadi Puji BPN Kabupaten Bekasi, 100 Persen Berkas Masuk Prioritas

"Kelima area ini memiliki karakteristik yang mirip, yakni adanya pengembangan komersial dengan dukungan fasilitas publik yang komprehensif, aksesibilitas memadai, dan lokasinya relatif dekat dari Jakarta," jelas Shafirra.

Bahkan, tiga area teratas seperti Medan Satria, Pondok Gede, maupun Bekasi Barat berbatasan langsung dengan Jakarta Timur.

Dengan demikian, jarak tempuh dari dan ke pusat Jakarta cenderung lebih pendek.

"Untuk di area ini juga terdapat pengembangan berskala kecil hingga berskala kota mandiri, sehingga menarik proporsi peminatan lebih besar dibandingkan kecamatan lainnya," bebernya.

Dari segi usia, pembeli potensial yang mencari properti di area Bekasi umumnya merupakan kalangan usia 25 tahun-34 tahun (40 persen) dan 45 tahun-54 tahun (27,5 persen).

Hal ini dikarenakan harga properti di Bekasi, terutama yang dekat dari Jakarta lebih tinggi dibandingkan kota satelit lain, seperti Depok dan Bogor.

Sehingga, Bekasi lebih diminati generasi muda yang lebih matang dan punya daya beli lebih tinggi dibandingkan kelompok usia yang lebih muda, yakni 18 tahun sampai dengan 24 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com