Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Ponpes di Kalbar Ini Segera Diserahterimakan, Begini Tampilannya

Kompas.com - 24/08/2023, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Susun (Rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Sengkubang akan segera diserahterimakan untuk dapat dikelola dan dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para santri yang menuntut ilmu.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Andy Suganda mengatakan, rusun ini dibangun dengan tipe barak nuraga.

Ini terdiri dari bangunan dua lantai dengan hunian empat barak dan bisa menampung 56 santri.

"Kami juga terus mendorong sosialisasi Surat Edaran (SE) Ditjen Perumahan Nomor 8 Tahun 2022 untuk memantau kewenangan dalam kontrak sekaligus memitigasi serta pengedalian kontrak kritis di lapangan," terang Andy dalam rilis, Rabu (23/8/2023).

Rusun tersebut dibanun Kementerian PUPR pada Tahun Anggaran (TA) 2022 yang berlokasi di Jalan Mempawah-Sei Duri, Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Pimpinan Ponpes Darussalam Sengkubang Yusdiansyah menyatakan, bantuan rusun tersebut sangat bermanfaat untuk asrama santri.

Baca juga: Kementerian PUPR Jamin Kualitas Rusun yang Dibangun Sesuai Standar

Dia juga menilai, bangunan yang dibangun juga rapi dan bagus apalagi setiap hunian sudah dilengkapi dengan furnitur.

Mulai dari tempat tidur, kasur, meja dan kursi serta lemari pakaian. Sehingga, para santri tinggal masuk membawa pakaian dan fokus belajar.

Rusun Ponpes Darussalam Sengkubang.Dok. DIREKTORAT KEPATUHAN INTERN/ BALAI P2P KALIMANTAN I/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR Rusun Ponpes Darussalam Sengkubang.
"Keluarga besar Ponpes Darussalam Sengkubang mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas bantuan rusun yang dibangun Kementerian PUPR," kata dia.

Yusdiansyah berharap, hunian vertikal ini dapat bermanfaat untuk santri-santri yang belajar, sehingga menjadi generasi bangsa yang berakhlakul karimah yang dapat membanggakan bangsa dan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com