Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumah di Tiga Wilayah Ini Alami Kenaikan Tertinggi

Kompas.com - 16/08/2023, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan harga properti residensial di pasar primer secara tahunan dan triwulanan masih melanjutkan tren peningkatan pada Triwulan II-2023.

Hal itu berdasarkan hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) Triwulan II-2023, dikutip dari laman resminya pada Rabu (16/08/2023).

Secara tahunan, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) mengalami kenaikan 1,92% (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan triwulan sebelumnya yang sebesar 1,79% (yoy).

Peningkatan IHPR itu terutama ditopang oleh kenaikan harga rumah tipe kecil sebesar 2,22% (yoy), lebih tinggi dari kenaikan pada triwulan I 2023 yang sebesar 1,77% (yoy).

Sementara, harga rumah tipe menengah mengalami peningkatan sebesar 2,72% (yoy), dan harga rumah tipe besar dengan kenaikan sebesar 1,49% (yoy).

Baca juga: Sekian Harga Rumah Tapak yang Paling Banyak Dicari Pembeli

Secara spasial, perkembangan indeks harga rumah yang meningkat pada Triwulan II-2023 terutama terjadi di Kota Batam, Jabodebek-Banten, dan Denpasar.

Kemudian secara triwulanan, IHPR pada Triwulan II-2023 juga terindikasi sedikit meningkat sebesar 0,48% (qtq), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya 0,42% (qtq).

Kenaikan harga properti residensial secara triwulanan tersebut terutama didorong oleh kenaikan harga rumah tipe kecil 0,75% (qtq) dan besar 0,41% (qtq).

Sementara itu, harga rumah tipe menengah tercatat meningkat 0,49% (qtq), lebih rendah dibandingkan peningkatan triwulan sebelumnya yang sebesar 0,66% (qtq.

Secara spasial, peningkatan IHPR Primer secara triwulanan utamanya juga terjadi di Batam 2,88% (qtq), Jabodebek-Banten 0,74% (qtq), dan Denpasar 0,07% (qtq).

Berlanjutnya tren peningkatan harga properti residensial tersebut terjadi di tengah melemahnya tekanan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kelompok bahan bangunan.

Hal tersebut tecermin dari inflasi tahunan untuk IHK subkelompok pemeliharaan, perbaikan, dan keamanan tempat tinggal/perumahan pada Juni 2023 sebesar 2,29% (yoy), lebih rendah dari 3,21% (yoy) pada Triwulan I-2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com